Indonesia Positif

Kurangi Limbah Rumah Tangga, PKM-PM Unisma Malang Gelar Pelatihan Pupuk Organik Cair Cangkang Telur

Rabu, 06 September 2023 - 13:38 | 27.83k
PKM-PM Unisma Malang telah menyelenggarakan  pelatihan pupuk organik cair asal cangkang telur kepada karang taruna Ampeldento Bersatu, Desa Ampeldento
PKM-PM Unisma Malang telah menyelenggarakan  pelatihan pupuk organik cair asal cangkang telur kepada karang taruna Ampeldento Bersatu, Desa Ampeldento

TIMESINDONESIA, MALANG – Tim Program Kreativitas Mahasiswa skim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-PM) Unisma Malang telah menyelenggarakan  pelatihan pupuk organik cair (POC) asal cangkang telur bagi karang taruna Ampeldento Bersatu, Desa Ampeldento, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Rabu (23/8/2023).

Tim PKM-PM ini mengambil tema tentang pemberdayaan karang taruna melalui pemanfaatan limbah rumah tangga cangkang telur menjadi produk unggulan desa Ampeldento berupa POC cangkang telur.

Tim PKM-PM ini diketuai oleh Khusnul Fatimah asal program studi Peternakan Fakultas Peternakan Unisma, beranggotakan Amelia Anggraini asal program studi Peternakan Fakultas Peternakan dan Ayu Fikroh Nabila asal program studi Biologi FMIPA serta didampingi dosen Peternakan Unisma Oktavia Rahayu Puspitarini, S.Pt., M.Si.

Kegiatan ini dilaksanakan di kediaman Nur Joko Supradi selaku ketua kelompok petani di desa Ampeldento.

PKM-PM-Unisma-Malang-a.jpg

Tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan ketrampilan karang taruna Ampeldento Bersatu dalam mengolah limbah cangkang telur menjadi produk pupuk organik cair  sehingga dapat meminimalkan pencemaran lingkungan dan meningkatkan potensi limbah rumah tangga serta menjadi produk unggulan desa Ampeldento.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Pelatihan ini diawali dengan pembukaan dan laporan ketua tim PKM-PM, Khusnul menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan pembuatan POC cangkang telur ini merupakan kegiatan inti kedua yang dilakukan di lapang untuk memaksimalkan potensi dari limbah cangkang telur dan meningkatkan ketrampilan bagi karang taruna sehingga karang taruna nantinya dapat mengolah secara mandiri limbah rumah tangga ini. 

14 hari kemudian dilaksanakan evaluasi untuk pengecekan POC tersebut . Harapannya serangkaian kegiatan PKM-PM akan berjalan lancar hingga akhir kegiatan. Pelatihan ini dihadiri oleh 14 peserta yang berasal dari karang taruna dan kelompok petani di desa Ampeldento. Selanjutnya tim membagi kuesioner pretest untuk mengukur seberapa besar pengetahuan dan ketrampilan peserta sebelum acara inti pemaparan materi penyuluhan.

Ketua mitra karang taruna Ampeldento,  mengucapkan terimakasih atas kegiatan yang diadadakan di Ampeldento Bersatu, semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan kegiatan dapat berjalan dengan lancar hingga akhir program.

PKM-PM-Unisma-Malang-b.jpg

Acara inti yaitu pemaparan materi penyuluhan yang disampaikan oleh tim PKM-PM. Materi yang disampaikan mengenai peralatan dan bahan yang digunakan dalam pembuatan POC asal cangkang telur, prosedur pembuatannya, cara pemakaian dan efektifitas perbandingan POC dengan pupuk kimia.

Kegiatan selanjutnya yakni demoplot pembuatan cangkang telur yang dilakukan oleh tim PKM-PM dan mitra karang taruna. Kegiatan pelatihan tersebut disambut dengan antusias oleh karang taruna dan para petani dilihat dari aktifnya peserta pada saat pelatihan pembuatan POC berlangsung. Sesi akhir diskusi, tim PKM-PM membagikan kuesioner postest untuk mengukur keberhasilan pelatihan. Hasil kuesioner didapatkan adanya peningkatan ketrampilan peserta pelatihan, awalnya hanya 14% yang menyatakan tau membuat POC cangkang telur setelah adanya pelatihan ini menjadi 64% peserta yang menyatakan tau dan bisa membuat POC cangkang telur.

Tim mengucapkan terima kasih kepada Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang telah memberikan hibah pendanaan PKM-PM, Universitas Islam Malang yang telah memfasilitasi pelaksanaan kegiatan dan mitra karang taruna Ampeldento Bersatu yang telah berkomitmen penuh dalam kegiatan pelatihan ini sehingga kegiatan berjalan dengan lancar. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES