Indonesia Positif

BKSAP DPR Siap Promosikan Produk Lokal Ke Berbagai Negara Sahabat

Selasa, 12 September 2023 - 21:20 | 13.33k
Wakil Ketuw BKSAP DPR Achmad Hafisz Tohir memimpin Tim Kunjungan Kerja BKSAP dalam acara BKSAP Days di Pendopo Bupati Musi Rawas, Lubuk Linggau, Sumsel. (Foto: Dok: DPR)
Wakil Ketuw BKSAP DPR Achmad Hafisz Tohir memimpin Tim Kunjungan Kerja BKSAP dalam acara BKSAP Days di Pendopo Bupati Musi Rawas, Lubuk Linggau, Sumsel. (Foto: Dok: DPR)

TIMESINDONESIA, JAKARTABKSAP DPR RI menyatakan siap menjadi agen diplomasi dengan berbagai negara sahabat untuk meningkatkan kerja sama perdagangan dan promosi komoditas lokal di daerah. Demikian disampaikan Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Achmad Hafisz Tohir. 

Terutama, para Anggota DPR yang tergabung dalam Badan Kerjasama Antar Parlemen yang memang memilikii tugas utama sebagai fungsi diplomasi.

Advertisement

"Peran diplomasi ini diharapkan, agar bagaimana produk-produk Indonesia dikenal dunia dan juga informasi-informasi di daerah bisa kita explore kepada negara-negara sahabat. Menurut saya, betapa banyak peluang-peluang tersebut bisa kita sampaikan melalui kawan-kawan BKSAP yang bisa menjadi agen diplomasi daripada daerah-daerah pemilihannya. Saya pun akan mempromosikan keunggulan lokal di Kabupaten Musi Rawas yang menjadi Dapil saya kepada negara-negara sahabat," ujar Hafisz saat memimpin Tim Kunjungan Kerja BKSAP dalam acara BKSAP Days di Pendopo Bupati Musi Rawas, Lubuk Linggau, Sumsel, Selasa (12/9/2023).

Politisi F-PAN ini menambahkan, pembentukan Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) merupakan satu wadah bagi para Anggota DPR RI untuk melakukan pendekatan langsung dengan Anggota Parlemen dari negara lain dan menguasai pemahaman mengenai isu-isu yang berkembang di kawasan maupun tataran global.

"Jadi kalau Ibu Bupati punya 'Comparative Advantage' yang bisa kita jual ke negara-negara sahabat tersebut,  kami siap untuk menyampaikan hal tersebut kepada kerja sama kami dengan negara tersebut. GKSB itu juga untuk mempercepat penyelesaian negosiasi-negosiasi yang tertunda antara pemerintah dengan pemerintah, karena kami bisa berjalan peer to peer (tanpa perantara) tanpa harus ada protokolernya, beda dengan eksekutif," terang Hafisz.

Lebih jauh, Legislator Dapil Sumsel I ini menggarisbawahi, masa depan ekonomi Indonesia sangat tergantung pada kemampuan Indonesia untuk memahami dan merespon kondisi global, serta memanfaatkan diplomasi parlemen secara efektif dalam mendorong akselerasi kerja sama ekonomi dan perdagangan. 

"Mari kita bersama-sama memastikan bahwa Indonesia dapat bersaing di tingkat global dan mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan bagi masyarakat,” ungkap Hafisz. 

“Kami, Pimpinan dan Anggota BKSAP lintas-fraksi dan komisi yang hadir hari ini tentunya siap menerima masukan dan memperjuangkan kepentingan daerah, khususnya dalam peningkatan kerja sama ekonomi untuk pembangunan daerah, serta kepentingan publik secara umum sesuai dengan kewenangan DPR RI," pungkas Hafisz yang juga Anggota Komisi XI DPR ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

Konten promosi pada widget ini bukan konten yang diproduksi oleh redaksi TIMES Indonesia. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES