Indonesia Positif

Wapres RI: Unisma Sebagi Kampus Pelopor Gerakan Anti Radikalisme

Jumat, 19 Januari 2024 - 16:46 | 15.81k
Wapres RI KH Ma'ruf Amin saat berada di Unisma, Jumat (19/1/2024). (Foto: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)
Wapres RI KH Ma'ruf Amin saat berada di Unisma, Jumat (19/1/2024). (Foto: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma'ruf Amin terus menggaungkan persatuan ditengah keberagaman yang ada di Indonesia. Hal itu dia sampaikan pada saat mengisi kuliah umum di Universitas Islam Malang (Unisma) pada Jumat (19/1/2024).

Dalam kuliah umum bertema 'Quo Vadis Moderasi Beragama Dalam Bingkai Merawat Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Peradaban Dunia' itu, dia banyak memuji peran Unisma Malang sebagai kampus NU yang banyak memberikan peranya dalam upaya kebinekaan dan moderasi beragama.

"Saya kira tema ini relevan dengan peran Unisma sebagi kampus pelopor gerakan anti radikalisme, sekaligus kampus yang menjadi proyek percontohan Kementrian Agama dalam pengembangan Moderasi Beragama dan bela negara," ucapnya.

Dia pun menceritakan, hubungan antara dia dengan Unisma ini telah terjalin cukup lama. Wapres mengaku punya kedekatan dengan KH Tholhah Hasan sebagai Unisma.

"Kalau saya berada di Unisma ini, saya teringat sahabat, senior, Profesor Tholhah Hasan hasan, beliau sebagai pelopor berdirinya Unisma. Beliau memang sudah dipanggil ileh alloh ,tetapi tinggalanya Unisma sebagai kampus berkualitas dan telah menghasilkan tamatan yang menjadi tokoh dan berguna bagi masyarakat," tuturnya.

Wapres-RI-KH-Maruf-Amin-b.jpg

Rektor Unisma, Prof Maskuri mengatakan, pihaknya merasa terhormat karena mendapat kunjungan dari orang nomor 2 di Republik Indonesia ini. Kehadiran Wapres ini merupakan yang kedua kalinya, dimana kali pertama dia mengunjungi Unisma yakni pada tahun 2019.

"Unisma menjadi pelopor perubahan kemajuan sehingga unisma menjadi Perguruan Tinggi NU terbesar dan rangking pertama di indonesia," kata dia.

Dihadapan Wapres, Rektor menyampaikan bahwa Unisma di usianya yang akan menginjak 43 tahun ini, sudah memberikan pendidikan yang unggul. Terbukti dari 37 prodi yang ada, 14 diantaranya sudah unggul dan 7 prodi sudah terakreditasi Internasional," ucapnya.

Pihaknya melanjutkan, kalau kita melihat dari sisi peringkat, di Jawa Timur dari 328 pt swasta, Unisma masuk di 3 besar antara urutan 2 dan 3 setiap tahun. Fluktuasinya antara peringkat 2 dan 3.

"Di perguruan tinggi swasta Indonesia, 4300 perguruan tinggi, Unisma di urutan ke 14. Sedang kalau kita melihat dari sisi pemeringkatan perguruan tinggi negeri dan swasta, Unisma berada di  urutan antara 40  sampai 45 fluktuasinya," kata dia.

Menurutnya, hal ini menjadi bukti bahwa Unisma mempunyai progresivitas yang luar biasa. Seluruh civitas akademika berjuang untuk terus memberikan layanan terbaik, dan menaikkan posisi Unisma, tidak hanya di tingkat nasional tetapi di tingkat  internasional. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES