Indonesia Positif

Perjalanan Politik Eki Baihaki, Lanjutkan Kepemimpinan Ayahnya Eks Bupati Serang

Sabtu, 20 Januari 2024 - 09:55 | 30.33k
Eki Baihaki anggota DPRD Kabupaten Serang (Foto : Istimewa)
Eki Baihaki anggota DPRD Kabupaten Serang (Foto : Istimewa)

TIMESINDONESIA, SERANGEki Baihaki, sosok pemuda satu ini dalam dunia perpolitikan di Kabupaten Serang tentu sudah banyak diketahui oleh masyarakat. Anak dari seorang mantan pasukan elite Tentara Nasional Indonesia atau TNI Ahmad Taufik Nuriman yang juga pernah menjadi Wakil Bupati Serang 2000-2005 dan Bupati Serang 2005-2010 rupanya terus melaju menapaki jejak orang tuanya dalam dunia perpolitikan.

Eki Baihaki memulai pendidikan nya dari sekolah dasar atau SD 10 Al-Azhar Kota Serang, kemudian SMP 11 Al-Azhar, SMA 1 Cipocok Jaya (sekarang SMA 2 Serang), dan kemudian melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi di Universitas Trisakti dengan mengambil jurusan ekonomi. Dan terakhir mengambil S2 di Yapan dengan jurusan administrasi negara.

Perjalanan politik Eki Baihaki dimulai dari tahu  2018 saat dirinya mengambil sikap untuk masuk Partai Demokrat. Kemudian pada 2019 Eki Baihaki mencalonkan diri sebagai Caleg namun keberuntungan belum berpihak padanya. Pada tahun 2020 Eki kembali maju sebagai calo  Wakil Bupati Serang, namun lagi-lagi rupanya Eki harus terus melewati keberhasilan yang tertunda. Sehingga, memasuki tahun 2022 Eki dilantik sebagai anggota DPRD Kabupaten Serang.

Eki menceritakan, sejak mengenyam pendidikan  di bangku sekolah dirinya hanya berkeinginan menjadi wirausaha. Tetapi karena sewaktu orang tuanya berhenti menjadi TNI dan mengabdikan diri melayani masyarakat dengan menjabat sebagai Bupati Serang, Eki kecil sering diajak keliling di wilayah Kabupaten Serang untuk diajarkan melihat dan merasakan secara langsung setiap denyut nadi masyarakat.

"Yang mendasari kenapa saya tertarik masuk dunia politik itu karena orang tua saya, orang tua saya itu mengajak saya keliling Kabupaten Serang itu sejak saya kecil bukan beliau mengajarkan politik tapi lebih banyak mengajarkan cara silaturahmi kepada masyarakat," ungkap Eki kepada Times Indonesia, Sabtu (20/01/2024).

Eki mengungkapkan, dorongan kuat untuk masuk dunia politik semakin tumbuh dalam hatinya saat melihat dan mendengar langsung setiap keinginan masyarakat. Terlebih, dengan background orang tuanya yang pernah menjadi pasukan elite dan Bupati Serang menurutnya harus ada estafet perjuangan demi masyarakat Kabupaten Serang.

"Alhamdulillah dari situ saya berjalan saya mulai kembali tertarik pasca orang tua sudah selesai jabatannya saya melihat profil orang tua saya itu ada dua pertama itu TNI ke dua itu politikus. Saya melihat ada kelanjutan atau estafet yang diberikan orang tua saya kepada abang saya yang saat ini bekerja sebagai TNI namun untuk tongkat estafet politik belum ada yang menerima nah saya tertarik dan merasa ada dorongan untuk saya terjun ke masyarakat," katanya.

Saat ini, dengan modal dasar dan niat memperjuangkan denyut nadi masyarakat untuk mendapatkan hak-hak nya. Eki Baehaki kembali mencalonkan diri maju sebagai calon anggota legislatif atau caleg dari fraksi Partai Demokrat Dapil 1 Serang Utara.

Salah satu gagasan yang ditawarkan Eki untuk masyarakat Kabupaten Serang yakni penyediaan pasokan air bersih. Dimana, untuk wilayah pesisir Serang utara setiap tahunnya masyarakat selalu menjerit kesulitan mendapatkan air bersih.

"Serang utara itu saya tertarik itu mengenai air bersih karena apa karena buat saya air bersih itu menjadi kebutuhan primer dan kita pun lagi mencoba berkoordinasi supaya terjadi realisasi untuk air bersih di daerah Serang utara," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES