Indonesia Positif

Petani Hutan di Kabupaten Malang Terima Ratusan Bibit Pohon dari Relawan GEMA PS 

Sabtu, 20 Januari 2024 - 19:06 | 13.48k
Warga masyarakat hutan, dari Desa Tambakrejo Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, saat mengikuti kegiatan pembagian bibit pohon oleh Relawan GEMA PS, Sabtu (20/1/2024). (FOTO: Istimewa)
Warga masyarakat hutan, dari Desa Tambakrejo Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, saat mengikuti kegiatan pembagian bibit pohon oleh Relawan GEMA PS, Sabtu (20/1/2024). (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANG – Masyarakat petani hutan di wilayah Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, menerima dan menanam ratusan berbagai jenis bibit pohon di wilayah setempat, Sabtu (20/1/2024). 

Sejumlah sekitar 500 bibit pohon ditanam simbolis ini, dilakukan bersama masyarakat petani sekitar, tepatnya dipusatkan di Lapangan Tunggal Jati RT 13/ RW 01 Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumanjing Wetan. Berbagai jenis pohon yang dibagikan hari ini meliputi 300 bibit pohon cengkeh, 100 bibit pohon jeruk Siam, 80 bibit pohon duriang Musangking dan 20 bibit pohon Pala.

Aksi menanam pohon ini diprakarsai Relawan Prabowo Subianto, yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Perhutanan Sosial (GEMA PS) Kabupaten Malang. Selebihnya, masyarakat di kawasan hutan setempat memperoleh bibit tanaman berbagai jenis. 

"Tujuan penanaman sekaligus membagi ratusan bibit pohon pada masyarakat ini, untuk mengangkat kesejahteraan masyarakat hutan yang tergabung dalam Kelompok Tani Hutan," terang Ketua KTH Maju Mapan Muhammad Firman, Sabtu (20/1/2024). 

Dikatakan, pembagian 500 bibit pohon yang akan ditanam ini diikuti masyarakat dari Desa Tambakrejo, Tambaksari, Kedungbanteng, dan Sukodono. 

"Yang hadir 600 orang. Mereka kami persilakan mengambil bibit pohon agar bisa ditanam di lahan mereka masing masing," ujarnya.

Berbagai jenis pohon yang dibagikan hari ini meliputi 300 bibit pohon cengkeh, 100 bibit pohon jeruk Siam, 80 bibit pohon duriang Musangking, dan 20 bibit pohon Pala. 

Firiman juga menyampaikan kesannya, bahwa kegiatan kampanye dengan aksi nyata ini lebih beanfaat, daripada yang hura-hura semata.

"Kegiatan hari ini memang murni inisiatif dari relawan GEMA PS. Dan, kami ingin kesejahteraan masyarakat hutan ikut terangkat melalui aksi kami hari ini," tandasnya. 

Dalam kesempatan ini, pihak relawan yang tergabung GEMA PS sudah berkomitmen, bahwa capres Prabowo akan mendukung apa yang menjadi harapan petani hutan. 

"Melalui relawan ini, Pak Prabowo juga sudah sepakat meneruskan perjuangan kami, dalam memakmurkan masyarakat sekitar hutan. Termasuk, pada masalah kehutanan sosial dan agraria, dan kebetulan kami menjadi pendamping KTH Maju Mapan," tutur Firman. 

Di tempat sama, Ketua GEMA PS, Rozikin menjelaskan, pembagian bibit pohon bagi masyarakat sekitar hutan wilayah Kabupaten Malang ada di dua titik. Yakni, di Dusun Bandungrejo, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang dan Sumbermanjing Wetan. 

"Kami mengajak seluruh lapisan masyarakat riang gembira menyambut pesta Pilpres tahun ini. Dan semoga Pak Prabowo dan Mas Gibran menang dalam Pilpres. Melalui giat inilah, kami berharap masyarakat, khususnya petani hutan, senang dan terbantu dengan ratusan bibit pohon yang kami bagikan," demikian Rozikin. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES