Indonesia Positif Universitas Islam Malang

FAI Unisma Malang Gelar Workshop Kurikulum dan Pembelajaran AI di Madrasah

Rabu, 24 Januari 2024 - 10:24 | 16.48k
Usai penandatanganan MoU FAI Unisma Malang dan Madrasah Salafiyah Syafi'iyah. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Usai penandatanganan MoU FAI Unisma Malang dan Madrasah Salafiyah Syafi'iyah. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Fakultas Agama Islam Unisma Malang menggelar workshop kurikulum dan pembelajaran Artificial Intelligence (AI) di Pondok dan Madrasah Salafiyah Syafi'iyah, Seblak, Jombang, Selasa (23/1/2024).

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kunjungan sivitas akademika FAI Unisma ke berbagai pondok pesantren di Jombang, salah satunya kunjungan di Madrasah Salafiyah Syafi'iyah, Seblak dan Pondok Pesantren Aziziyah, Tambak Beras, Jombang.

Dekan FAI Unisma menyatakan bahwa kunjungan ke pondok pesantren merupakan program silaturahim tahunan yang diikuti oleh seluruh sivitas akademika, rombongan yang hadir kali ini sejumlah 39 dosen dan karyawan.

Pemaparan-meteri.jpg

Selanjutnya, Dekan FAI Unisma menjelaskan bahwa pemilihan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'yah Seblak dan Aziziyah Denanyar, Jombang atas kedekatan kelembagaan dan ideologis antara pondok dengan FAI Unisma, yang keduanya memiliki afiliasi dengan Nahdlatul Ulama' (NU).

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Dalam rangkaian kunjungan silaturahmi ini, FAI Unisma memberikan pembekalan kepada guru, pengasuh, santri, dan siswa untuk "ngasuh kaweruh" atau berbagi pengalaman tentang  kurikulum merdeka dan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Artificial Intelegence (AI).

Selanjutnya, Nyai Lilik selaku pengasuh dan kepala yayasan pondok pesantren Salafiyah Safi'iyah, menyampaikan bahwa guru dan pengasuh di Madrasah ini jarang mendapatkan pelatihan kurikulum merdeka seperti ini, karena kami memang lembaga swasta, hampir orang luar jombang tidak kenal Pesantren kami.

FAI-Unisma.jpg

Oleh karena itu, kehadiran FAI Unisma diharapkan dapat memberikan wawasan dan dukungan untuk pengembangan kurikulum merdeka khususnya khususnya kurikulum di bawah naungan Kementerian Agama, tuturnya.

Workshop ini juga diisi oleh para pakar ahli kurikulum dari FAI Unisma, yang memberikan pemaparan tentang implementasi kurikulum merdeka, meskipun masih di tingkat konsep dalam kebijakan Kementerian Agama. Harapanya kegiatan semacam ini dapat berlanjut di masa mendatang.

FAI Unisma dan Madrasah Salafiyah Syafi'iyah, Seblak, menutup acara dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), dan menandai komitmen lembaga untuk bekerjasama demi kemajuan lembaga pendidikan pesantren, semoga kerjasama ini dapat memberikan kontribusi positif bagi pondok Pesantren dan Madrasah di Jombang. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES