Indonesia Positif

Fadel Muhammad Ajak Masyarakat Gorontalo Perkuat Toleransi dan Empati

Kamis, 25 Januari 2024 - 12:17 | 11.24k
Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad saat acara Sosialisasi Empat Pilar MPR di desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, pada Rabu (24/1/2024). (foto: dok MPR RI)
Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad saat acara Sosialisasi Empat Pilar MPR di desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, pada Rabu (24/1/2024). (foto: dok MPR RI)

TIMESINDONESIA, GORONTALO – Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad, mengajak masyarakat Gorontalo untuk meningkatkan toleransi, persaudaraan, dan empati antar sesama dalam menghadapi berbagai masalah dan tantangan.

Fadel Muhammad mengemukakan ajakan tersebut setelah melihat dan mendengar berbagai keluhan dan permasalahan rakyat, khususnya terkait ekonomi, selama kunjungan dan kegiatan kerjanya di Gorontalo.

"Pemerintah tidak selalu dapat hadir untuk rakyat. Meskipun ada perhatian, namun responsnya terkadang tidak segera. Saya melihat masih banyak masalah yang dihadapi masyarakat Gorontalo. Saling menjaga dan membantu sesama akan sangat meringankan beban," ujarnya saat berbicara dalam acara Sosialisasi Empat Pilar MPR di desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, pada Rabu (24/1/2024).

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Irfan Igrisa, Kepala Desa, tokoh masyarakat, dan masyarakat setempat.

Lebih lanjut, Fadel Muhammad menjelaskan bahwa penguatan toleransi, empati, dan bantuan sesama adalah implementasi dari nilai-nilai luhur bangsa yang terkandung dalam Empat Pilar MPR, yaitu Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Mengerti dan menerapkan Empat Pilar seperti membangun sebuah rumah besar. Rumah besar tersebut memerlukan pilar-pilar untuk memberikan kekuatan, sehingga dapat bertahan melawan masalah dan tantangan dari dalam dan luar negeri," jelasnya, mantan Gubernur Provinsi Gorontalo dalam dua periode.

Fadel Muhammad menekankan bahwa salah satu pilar dalam Empat Pilar adalah Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara. Pancasila mengandung sila-sila yang mewajibkan rakyat untuk selalu percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kepercayaan kepada Tuhan membawa pada keberagamaan, dan agama mengajarkan untuk senantiasa membantu sesama yang membutuhkan.

"Kemudian, ada sila kedua. Pancasila memberikan tugas kepada kita untuk selalu bertindak adil dan beradab terhadap setiap manusia. Di samping itu, terdapat sila Keadilan Sosial, yang mengamanatkan kita untuk selalu menjunjung tinggi keadilan bagi semua," ungkapnya, tokoh daerah yang kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI Dapil Provinsi Gorontalo pada Pemilu 2024.

Pada kesempatan tersebut, Fadel Muhammad mengingatkan bahwa Pemilu 2024 segera dilaksanakan untuk memilih Presiden, Wakil Rakyat, dan Pemimpin Daerah. Ia menyarankan masyarakat untuk tidak memilih calon yang tidak memiliki kepedulian terhadap rakyat.

"Periksa rekam jejaknya. Jika calon tersebut pernah menjabat, periksa apakah ia amanah dan memperhatikan kebutuhan rakyatnya? Jika ya, segera berikan dukungan dengan memberikan suara pada saat pemilihan," tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES