Indonesia Positif

Akademisi Ingatkan Pentingnya Pemilihan Prodi Bagi Calon Mahasiswa

Kamis, 25 Januari 2024 - 15:12 | 8.79k
Koordinator pelaksana seleksi penerimaan mahasiswa baru UM, Dr Imam Agus Basuki M.Pd. (Foto: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)
Koordinator pelaksana seleksi penerimaan mahasiswa baru UM, Dr Imam Agus Basuki M.Pd. (Foto: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Seleksi penerimaan mahasiswa baru 2024 secara nasional akan segera dimulai. Beberapa tahapan seperti penentuan kuota juga telah dilakukan oleh perguruan tinggi. Maka sudah sewajarnya, jika para siswa yang akan mendaftar ke perguruan tinggi, untuk bersiap mulai sekarang.

Kepala UPT Satuan Penjaminan Mutu Universitas Negeri Malang (UM Malang) yang juga sebagai  Koordinator pelaksana seleksi penerimaan mahasiswa baru, Dr Imam Agus Basuki M.Pd mengatakan, dari berbagai persiapan yang harus dilakukan  oleh para siswa, yang menurutnya menjadi hal yang paling penting adanya memilih program studi yang tepat.

Imam mengatakan, pemilihan prodi yang tepat menjadi sangat penting mengingat hal ini akan sangat menentukan mereka bisa diterima di sebuah perguruan tinggi atau tidak. "Itu menjadi penting karena banyak anak yang hebat, bagus, karena salah memilih menjadi tidak diterima di PT," ucapnya.

Imam melanjutkan, seperti pada tahun sebelumnya,  tahun ini penerimaan mahasiswa di PTN didasarkan pada 3 jalur penerimaan. Yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Test (SNBT), dan Seleksi Mandiri. 

"SNBP berangkat dari prestasi, SNBT berangkat dari test tulis, sedangkan mandiri seleksi yang dikelola oleh perguruan tinggi masing-masing yang jenis dan bentuknya bisa berbeda-beda," jelasnya.

Tahapan pelaksanaan SNBP sendiri saat ini telah dimulai. Untuk pendaftaran SNBP dimulai pada 14 -28 Februari,  dan pengumuman hasil akan dilakukan pada 26 maret.

"Pendaftaran UTBK-SNBT mulai tanggal 21 Maret - 5 April. Pelaksanaan gelombang 1 pada 30 April - 7 Mei, g.elombang 2 pada 14 - 20 Mei. Sedang pengumuman hasil SNBT akan dilakukan pada 13 Juni 2024," pungkas Imam. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES