Indonesia Positif

Pembelajaran Program Arduino di SDN 2 Karanggupito oleh Mahasiswa Kelompok 11 KKN-T MBKM UNIPMA

Jumat, 26 Januari 2024 - 14:14 | 13.04k
Hasil perangkaian simulasi lampu menggunakan arduino. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)
Hasil perangkaian simulasi lampu menggunakan arduino. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Proker unggulan KKN-T Bakti Negeri yang telah dilaksanakan oleh Kelompok 11 Mahasiswa KKN-T MBKM UNIPMA yaitu Pembelajaran Program Dasar Arduino yang di dalamnya berisi tentang Dasar Coding, Pengenalan Alat, dan Perakitan serta simulasi hasil program kepada siswa kelas 6 SD Negeri 2 Karanggupito Desa Karanggupito, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi.

Dari tahun ke tahun, teknologi semakin berkembang pesat dan banyak dari siswa mulai dari sekolah dasar hingga menengah atas yang minat terhadap berkembangnya teknologi saat ini sudah banyak berkembang saat ini.

Pembelajaran-2.jpg

"Teknologi yang kini banyak di minati oleh siswa siswi di kota sebagai permainan bahkan sudah menjadi ekstrakulikuler di sekolah?  Oleh sebab itu, kami Mahasiswa KKN-T Kelompok 11 UNIPMA memilih proker pembelajaran dasar pemrograman arduino untuk diperkenalkan kepada siswa siswi SDN 2 Karanggupito dengan teknologi yang sudah berkembang melalui pembelajaran rangkaian dan coding sederhana," kata Alif Mashuri.

Yaknu dengan memberikan contoh mobil yang bergerak dengan microkontroler arduino, yang nantinya menjadi bekal untuk semangat belajar di bidang teknologi.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa KKN-T MBKM Kelompok 11 yang terdiri dari 21 mahasiswa. Kegiatan ini dapat mengembangkan pengetahuan juga menambah minat bakat siswa yang nantinya akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, dan siswa/i bisa lebih aktif dalam berkreasi dan suka untuk mencoba hal-hal baru.

Pembelajaran-3.jpg

Ketua pelaksana kegiatan, Alif Mashuri dari Prodi Pendidikan Teknik Elektro yang di dampingi oleh Ibu Dr. Erlik Widiyani STYATI., S.Pd, M.Pd selaku dosen pendamping KKN ingin mengenalkan perkembangan teknologi kepada siswa kelas 6 sebagai bekal dan menambah minat bakat dari siswa di jenjang yang lebih tinggi. Kegiatan tersebut telah di laksanakan pada Kamis (18/1/2024).

Dengan mengadakan kegiatan ini, dapat membantu mahasiswa dan siswa kelas 6 agar lebih terampil, kreatif serta inovatif dalam menghadapi permasalahan yang ada. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES