Indonesia Positif

Bawaslu Tangani Laporan Pembakaran Bendera Parpol di Malang

Jumat, 26 Januari 2024 - 20:59 | 12.31k
Tim hukum DPC PDI Perjuangan, Rudi Santoso, selaku pelapor perkara pembakaran bendera parpol, saat dimintai keterangan Bawaslu Kabupaten Malang, yang diwakili komisioner M Hazairin, di Kantor Sekretariat Bawaslu Kabupaten Malang
Tim hukum DPC PDI Perjuangan, Rudi Santoso, selaku pelapor perkara pembakaran bendera parpol, saat dimintai keterangan Bawaslu Kabupaten Malang, yang diwakili komisioner M Hazairin, di Kantor Sekretariat Bawaslu Kabupaten Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Pihak Bawaslu Kabupaten Malang meminta keterangan pihak pelapor, menyusul laporan tindakan pembakaran bendera parpol PDI Perjuangan, Jum'at (26/1/2024). 

Permintaan keterangan Bawaslu kepada pihak pelapor ini dihadiri Rudi Santoso, SH, selaku tim hukum pelanggaran pemilu Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang. 

"Betul, sudah dilakukan pemanggilan hari ini tadi," kata Komisioner Bawaslu Kabupaten Malang, Kordiv Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi, Abdul Alam Amrullah, membenarkan, dikonfirmasi, Jum'at (26/1/2024). 

Akan tetapi, klarifikasi terhadap pihak pelapor ini dilakukan anggota Bawaslu Kabupaten Malang lainnya, M Hazairin. Turut mengikuti permintaan keterangan ini perwakilan dari tim Gakkumdu. 

Perwakilan tim hukum DPC PDIP Kabupaten Malang, Rudi Santoso mengungkapkan, pihaknya diminta keterangan komisioner Bawaslu Kabupaten Malang selama sekitar 30 menit. 

"Materi klarifikasi yang ditanyakan, lebih terkait dugaan motif dan memastikan identitas pelaku pembakaran berdasarkan keterangan saksi yang kami dapatkan," terang Rudi. 

Pihaknya juga menegaskan, tindakan oknum yang membakar bendera partai ini bisa didalami serius. Mengingat, hal serupa juga terjadi di daerah lain.

"Ada kemungkinan dilakukan terstruktur. Kerugian kami, ini bisa melemahkan tim, bahkan mengintimidasi, bisa menjadikan takut melakukan kegiatan kampanye untuk PDIP," tandas Rudi. 

Rencananya, pihak Bawaslu Kabupaten Malang juga mengagendakan pemanggilan terlapor juga saksi-saksi pada Senin (29/1/2024) mendatang. 

Seperti diberitakan, bendera PDIP yang dipasang di wilayah RT 04/RW 01 Desa Ngajum, Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang, diketahui dibakar oknum warga, yang belakangan diketahui merupakan Ketua RT setempat, Hartono. Peristiwa pembakaran ini terjadi pada Minggu (21/1/2024) malam. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES