Indonesia Positif

Voice People Bali Community Menjaring Minat VO Talent, Buruan Gabung!

Sabtu, 27 Januari 2024 - 20:33 | 15.55k
Meet and greet Semetonvoice menghadirkan Bimo Kusumo dan Binta Nadhila selaku professional VO Talent dalam peresmian Voice People Bali Community. (Foto: Susi/TIMES Indonesia)
Meet and greet Semetonvoice menghadirkan Bimo Kusumo dan Binta Nadhila selaku professional VO Talent dalam peresmian Voice People Bali Community. (Foto: Susi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BALI – Mengenal Voice over di dunia ekonomi kreatif ternyata sangat banyak manfaatnya. Voice over ini merupakan teknik produksi berupa perekaman suara untuk keperluan-keperluan tertentu, seperti mengisi suara untuk berbagai keperluan macam iklan, video promosi, animasi, game, narasi film dokumenter, atau keperluan lainnya. Siapa saja yang biasa bergelut di voice over? Ya, mereka biasa disebut sebagai voice over (VO) talent.

Pekerjaan sebagai VO talent ini di antaranya penyiar radio, pembawa acara televisi, narator, konten atau digital kreator, dan lain-lain.

Guna menarik minat skill unik satu ini, Voice Institute Indonesia, sebuah institusi pelatihan yang berfokus pada industri suara (voice industry), resmi membuka Voice People Bali Community, sebagai komunitas dari voice over dengan basis Pulau Bali.

Acara peresmian ini dibuka dengan Voice Over Clinic yang berlangsung di Neun Cafe Sanur, Sabtu (27/1/2024).

Acara ini diinisiasi untuk memperluas wadah industri voice over di Pulau Bali, NTB, NTT, dan sekitarnya.

Disampaikan Bimo Kusumo, seorang Professional VO Talent yang juga founder dari Voice Institute Indonesia, kenapa Bali di pilih adalah karena pihaknya melihat Bali dan sekitarnya merupakan pulau dengan pariwisata yang indah.

"Saya berharap ini dapat menjadi modal untuk mempromosikan pariwisata ke seluruh dunia melalui media voice over, " sebutnya usai mengisi acara bersama rekannya, Binta Nadhila, selaku CO Founder Voice Institute Indonesia yang juga selama ini sudah terkenal sebagai VO talent kenamaan.

Acara Voice Over Clinic tersebut dibuka dengan sharing session oleh Bimo Kusumo dan Binta Nadhila dengan materi Basic Voice Over Skill.

Di sini, keduanya sukses membuat ratusan mata audiens yang hadir terpukau karena dapat membawakan berbagai intonasi dan artikulasi suara yang unik dan dapat menjadi sumber penghasilan sebagai VO Talent.

Dijabarkan Bimo, perdana kali digelar, Meet and Greet Semetonvoice dan Voice Over Clinic berhasil menjaring 103 anggota yang siap bergabung di Voice People Bali Community.

Rangkaian acara kemudian ditutup dengan pemotongan tumpeng yang sekaligus menjadi simbol bahwa Voice People Bali Community telah resmi berdiri.

“Harapan kami dengan membangun komunitas voice over di Pulau Bali dan sekitarnya, dapat memberikan kesempatan serta peluang yang sama bagi para voice over enthusiast khususnya di Bali, NTB, NTT, dan sekitarnya," sambung Bimo.

Lebih lanjut, pria yang suaranya kerap mengisi beberapa produk iklan di televisi ini mengungkap bahwa setelah Bali, pihaknya akan terus mendatangi daerah-daerah lainnya di Indonesia.

"Ya demi kemajuan industri voice over, dan profesi voice over talent dapat menjadi lapangan pekerjaan baru. Itu yang memang menjadi visi dan misi kami”, ujarnya.

Voice Institute Indonesia sendiri didirikan pada Desember 2019 oleh para praktisi sulih suara (voice over) profesional, salah satunya pendirinya adalah Bimo Kusumo (professional voice over talent dan content creator).

Voice Institute Indonesia hadir dengan materi pelatihan yang tidak hanya terkait pada dunia voice over. Servis lainnya adalah pelatihan untuk ‘jual suara’, seperti public speaking, MC, radio announcing, dubbing, podcasting, dan masih banyak lagi.

Pelatihan dan konsultasi vo talent diberikan langsung oleh para mentor berpengalaman dengan materi yang mudah diterima. Voice Institute Indonesia mengedepankan pelatihan dengan lebih banyak porsi praktik dibandingkan dengan teori. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES