Indonesia Positif

Diklat Menwa 814 Wisanggeni UWG Malang: Membentuk Pemuda Tangguh, Aktif, dan Disiplin

Senin, 29 Januari 2024 - 09:22 | 8.76k
Foto: AJP TIMES Indonesia
Foto: AJP TIMES Indonesia

TIMESINDONESIA, MALANG – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Resimen Mahasiswa (MENWA) 814 Wisanggeni Universitas Widyagama Malang (UWG) sukses melaksanakan kegiatan Diklat (Pendidikan dan Latihan) bagi anggota baru, yang berlangsung selama empat hari mulai tanggal 26 hingga 29 Januari 2024 di Lapangan Kampus III UWG Malang.

Acara pembukaan DIKLAT MENWA tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Ir. Rita Hanafie, MP., yang memberikan sambutan. Beliau menekankan pentingnya menjalankan Panca Dharma Satya Remismen Mahasiswa dengan baik dan mempertahankan komitmen sebagai bagian dari MENWA yang memiliki karakter.

Tema kegiatan DIKLAT kali ini adalah "Menjadikan Pemuda yang Tangguh, Aktif, dan Disiplin," dengan materi yang fokus pada Kemenwaan. Peserta DIKLAT berjumlah 13 orang yang antusias mengikuti berbagai kegiatan yang bertujuan meningkatkan kedisiplinan, keaktifan, dan kekuatan mental.

Ketua UKM MENWA, Daiva Ardan Permanu, mengungkapkan harapannya terhadap kelancaran kegiatan DIKLAT ini. "Kami berharap kegiatan DIKLAT ini dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat merasuki seluruh peserta, membentuk pemuda yang tangguh, aktif, dan disiplin," ujarnya.

Dalam keterangan pribadi, Daiva Ardan Permanu menjelaskan bahwa pada pembukaan DIKLAT, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Ir. Rita Hanafie, MP., menyampaikan pesan inti kepada peserta. "Intinya teman-teman harus menjalankan Panca Dharma Satya Resimen Mahasiswa dan tetap menjaga komitmen setelah menjadi MENWA," ungkap Daiva Ardan Permanu.

Sebagai informasi tambahan, Menko Polhukam pada tanggal 27 Juli 2000 mencabut Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri tentang Pembinaan dan penggunaan Resimen Mahasiswa. Keberadaan MENWA tidak lagi sebagai UKM Khusus, tetapi menjadi UKM biasa dengan pembinaan yang diserahkan kepada masing-masing perguruan tinggi.

Puncaknya adalah keluarnya SKB 3 Menteri (Menhan, Mendiknas, dan Mendagri) No.KB/14/M/X/2000 dan 39A/2000 tentang Pembinaan dan Pemberdayaan Resimen Mahasiswa, yang mengubah status dan pembinaan MENWA di tingkat perguruan tinggi. Meskipun tidak lagi berada di bawah Kementerian Pertahanan, MENWA tetap menjalin kerjasama dengan Menhan.

Penutupan DIKLAT pada 29 Januari 2024 dihadiri oleh Pembina UKM MENWA UWG Malang, M. Ramadhana Alfaris, S.S. M.Si, seorang Dosen di Fakultas Hukum UWG. Acara ini menjadi momentum penting dalam membentuk karakter para mahasiswa menjadi pemuda yang tangguh, aktif, dan disiplin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES