Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Tim Dosen FAI Unisma Malang Dukung Implementasi Kurikulum Merdeka

Senin, 29 Januari 2024 - 10:26 | 12.44k
Tim dosen FAI Unisma Malang menyampaikan materi workshop konsep dan prinsip Kurikulum Merdeka kepada guru-guru Madrasah Aliyah Al-Azhar Denanyar Jombang. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Tim dosen FAI Unisma Malang menyampaikan materi workshop konsep dan prinsip Kurikulum Merdeka kepada guru-guru Madrasah Aliyah Al-Azhar Denanyar Jombang. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Tim Dosen Fakultas Agama Islam Unisma Malang menjalankankan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema "Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Aliyah Menuju Indonesia Maju" di Denanyar Jombang, Jumat (27/1/2024).

Tim dosen yang terdiri dari program studi Pendidikan Agama Islam, program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, program studi Pendidikan Bahasa Arab, dan dosen program studi Ahwal Syakhshiyyah memberikan pendampingan implementasi kurikulum merdeka di lembaga pendidikan di bawah yayasan Pesantren Al-Aziziyah Denanyar Jombang.

Kurikulum Merdeka itu mudah dan cara imlplementasi dilakukan dalam berbagai bagian dalam kurikulum. Pendampingan memberikan kontribusi yang berarti bagi guru-guru dan siswa Madrasah Aliyah Al-Azhar Denanyar Jombang dalam menghadapi tantangan kurikulum merdeka belajar.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

pelatihan--fai-unisma.jpg

Dekan FAI Unisma Malang, KH. Anwar Sadullah menjelaskan dalam satu tahun, FAI Unisma selalu menjalankan Pengabdian masyarakat untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah maupun sekolah.

Ia menambahkan bahwa program ini dirancang untuk memberikan pembekalan kepada para guru dan siswa dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, yang menekankan pada proses pembelajaran yang terdiferensiasi, bermakna dan humanis dan karakter Pancasila yang kuat.

"Kami sangat antusias dapat melangsungkan acara di Madrasah Aliyah Al-Azhar Denanyar Jombang. Program ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang inovatif, relevan, dan mendukung visi Indonesia Maju," ujar Dekan FAI.

Kegiatan program mencakup workshop untuk guru-guru dengan pembahasan konsep dan prinsip Kurikulum Merdeka, serta pelatihan pembelajaran dengan teknologi Artifial Intelegensi. Selain itu, tim dosen akan melaksanakan kesepakatan dalam bentuk MOU kedua lembaga.

Penjajakan lanjutan untuk membantu evaluasi kurikulum bagi MA Al-Azhar Denanyar Jombang. Membantu beberapa kesulitan yang dihadapi oleh guru-guru dalam merancang materi pembelajaran yang sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka, dengan integrasi nilai-nilai keislaman.

fai-unisma-malang.jpg

Siswa juga tidak luput dari sasaran program ini. Mereka akan mendapatkan workshop etika diri dan pemanafaatan AI dalam proses belajar. keterampilan belajar melalui teknologi AI, pembinaan karakter, dan simulasi proses pemanfaatan AI. Tim dosen berkomitmen bersedia untuk memberikan konsultasi dan pendampingan selama implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Aliyah Al-Azhar Denanyar Jombang.

Hj. Jumiatin, S.Pd sebagai Kepala Madrasah Al-Azhar Denanyar Jombang menyambut baik inisiatif Tim Dosen Fakultas Agama Islam Unisma. "Kami yakin program ini akan memberikan kontribusi positif untuk kemajuan pendidikan di madrasah kami. Implementasi Kurikulum Merdeka akan membuka peluang baru bagi pengembangan potensi siswa," ungkapnya.

Tim dosen FAI Unisma Malang berharap agar melalui program ini, Madrasah Aliyah Al-Azhar Denanyar Jombang dapat mengimplementasikan kurikulum merdeka pada sekolah yang berada dilingkungan pesantren. Dengan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dan turut serta mewujudkan Indonesia Maju melalui pendidikan berkualitas. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES