Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Tim Poultry Fresh Auto Control Unisma Malang Gelar Program Sosio Project Innovilage

Senin, 29 Januari 2024 - 11:18 | 16.72k
Tim Poultry Fresh Auto Control Unisma Malang melakukan pelatihan pengolahan limbah ternak broiler di desa Ganjaran. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Tim Poultry Fresh Auto Control Unisma Malang melakukan pelatihan pengolahan limbah ternak broiler di desa Ganjaran. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Tim Poultry Fresh Auto Control Unisma Malang kembali menggelar implementasi Program Sosio Project Innovillage 2023.

Tim yang didampingi oleh dosen Brahmandhita Pratama Mahardhika, S.Pt M.Si, IPP tersebut diketuai oleh Dian Eka Darmayani dan beranggotakan Era Dwi Setiawan & Mohammad Akbar Hakim menyelenggarakan kegiatan “Pelatihan Pengolahan Limbah Ternak Broiler Menjadi Pupuk Kandang Organik Berbasis Fermentasi Probiotik L-Salivarius” sebagai upaya dalam mengatasi pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh penumpukan limbah ternak broiler.

Kegiatan tersebut sejalan dengan Program Social Project Innovillage 2023 yang berkolaborasi  dengan PT Telkom Indonesia dan Telkom University yang mengangkat tema “Empowering Young Sociopreneur for National Development” atau Sociopreneurship Inovatif untuk Transformasi Berkelanjutan. Dimana program ini menciptakan solusi berkelanjutan untuk tantangan sosial dan lingkungan yang dihadapi.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Kegiatan pelatihan ini diselenggarakan di Desa Ganjaran Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang yang bertempat di Doni Broiler Farm milik Bapak Doni yang merupakan warga setempat. Tim Poultry Fresh Auto Control berfokus pada pengolahan limbah Broiler menjadi pupuk kandang menggunakan probiotik L-Salivarius yang difermentasikan secara Anaerob.

Pelatihan ini turut dihadiri oleh beberapa mahasiswa dan  warga sekitar yang merupakan peternak di berbagai sektor peternakan seperti ayam, kambing, dan sapi. Hal ini dikarenakan mata pencaharian masyarakat Desa Ganjaran pada umumnya adalah peternak.

Kegiatan tersebut mendapat respon positif dari masyarakat di Desa Ganjaran. Mereka menganggap peltihan seperti ini sangat penting untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pengolahan limbah ternak. Masyarakat Desa Ganjaran sangat antusias dengan memberikan pertanyaan serta saling sharing ilmu mengenai peternakan.

“Pelatihan yang kami laksanakan berjalan lancar dan mendapat kesan serta respon yang baik dari masyarakat Desa Ganjaran. Kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat Desa Ganjaran karena sudah berpartisipasi dalam kegiatan pelatihan yang kami selenggarakan,” ungkap ketua pelaksana, Dian Eka Darmayani diakhir kegiatan pelatihan. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES