Indonesia Positif

Pelatihan Produk UMKM TIS TAS oleh Mahasiswa Kelompok 36 KKN-T UNIPMA

Rabu, 31 Januari 2024 - 09:53 | 10.69k
Praktik pembuatan TIS TAS oleh Mahasiswa Kelompok 36 KKN-T UNIPMA. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)
Praktik pembuatan TIS TAS oleh Mahasiswa Kelompok 36 KKN-T UNIPMA. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Universitas PGRI Madiun atau yang sering dikenal sebagai UNIPMA Madiun, melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) kepada seluruh mahasiswa semester 7. Kegiatan ini dimulai pada tanggal 20 Desember 2023 hingga 31 Januari 2024. Salah satu kelompok KKN-T yaitu dari kelompok 36 melakukan program kerja "Pelatihan Produk UMKM TIS TAS" di Desa Bulu Kidul, Balong, Ponorogo. Pelatihan dihadiri oleh remaja Desa Bulu Kidul pada Sabtu, 13 Januari 2024, bertempat di Sekretariat KKN kelompok 36 Jalan Pabrik, RT 1 Bulu Kidul.

Produk tas anyam Tis Tas merupakan produk anyaman tas yang terbuat dari tali jali, yang pertama kali dikenalkan oleh Titis, selaku pemilik usaha UMKM TIS TAS Collection.

tis-tas.jpg

Tali jali menjadi bahan utama dalam membuat tas yang mempunyai tekstur lentur, dan kuat. Ada beberapa jenis tali jali dan warna yang bervariasi. Dalam pengerjaanya dilakukan secara manual.
Dari pelatihan yang dilakukan oleh kelompok KKN-T 36 memiliki memilih target sasaran yaitu para remaja setempat di desa bulukidul untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Pelatihan ini juga memiliki tujuan yaitu untuk memberikan pengetahuan, keterampilan serta melatih dan memotivasi para remaja desa agar dapat berpartisipasi dalam memajukan UMKM di Desa Bulukidul.

Salah satu remaja yang ikut dalam pelatihan ini menyampaikan, engan adanya pelatihan ini,  mendapatkan pengetahuan dan juga keterampilan baru yang tentunya sangat bermanfaat.

foto.jpg

Sebelum kegiatan Pelatihan Produk UMKM dilakukan mahasiswa KKN-T 36 Unipma Madiun, survei ke lokasi pembuatan Produk Tis Tas milik Titis dan juga berkonsultasi mengenai inovasi produk baru dari anyaman selain tas, yang akan digunakan dalam kegiatan pelatihan.

Pemilik dari produk Tis Tas Collection yaitu titis mengatakan, setuju dengan adanya pelatihan dari produk UMKM Tis Tas karena dapat membantu meningkatkan produk yang saya miliki, dan juga dalam pelatihan ini bisa membantu untuk melatih dan membangun motivasi dari para remaja dalam pengembangan UMKM di Desa Bulu Kidul.

Dari hasil pelatihan kepada remaja desa menghasilkan inovasi produk anyaman terbaru yaitu tempat pensil, tempat tisu, gantungan kunci dan gelang tangan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES