Indonesia Positif

Pererat Kolaboratif Fakultas Teknik UWG Malang Kunjungi Telkom University Bandung

Rabu, 31 Januari 2024 - 14:42 | 13.07k
Foto: AJP TIMES Indonesia
Foto: AJP TIMES Indonesia

TIMESINDONESIA, MALANG – Rombongan Fakultas Teknik Universitas Widyagama/ UWG Malang melaksanakan kunjungan kerja akademik ke Telkom University Bandung, Rabu (31/1/2024).

Acara ini menjadi momen penting untuk memperkuat kerjasama dan kolaborasi antara kedua institusi pendidikan tinggi.

Dalam sambutannya, Dr Ir Rina Pudji Astuti MT., Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kerjasama Telkom University, menyambut hangat rombongan dari UWG Malang. Beliau mengungkapkan bahwa pengawalan terhadap inovasi dan riset di Telkom University cukup kuat, dengan 4 direktur yang aktif mengawal penelitian dan pengabdian masyarakat.

Dr. Rina juga mengundang civitas UWG untuk bergabung dengan startup inkubator, sejalan dengan visi Telkom University sebagai Global Entrepreneurial University pada tahun 2038, yang mengarahkan semua strategi ke sana, termasuk keberadaan 29 pusat riset.

Sementara itu, dalam sambutannya, Dr Ir Fachrudin MT., Wakil Rektor 1 UWG Malang, menyatakan bahwa kunjungan ini merupakan inisiasi Fakultas Teknik UWG, didampingi unsur pimpinan Universitas, Humas, dan BPM (Badan Penjaminan Mutu). Kunjungan ini merupakan lanjutan dari studi tiru yang dilakukan oleh Rektor UWG ke Telkom University.

Teknik-UWG-2.jpg

Diskusi selanjutnya dipandu oleh Kabag Pubrel & Analytics Telkom University, yang melibatkan para perwakilan dari kedua perguruan tinggi. Beberapa poin diskusi antara lain:

1.      Dr Istiadi ST MT, Dekan Fakultas Teknik UWG, menyampaikan bahwa meskipun perkenalan resmi baru dilakukan sekarang, UWG sudah terlibat secara tidak langsung melalui Innovillage yang diikuti oleh mahasiswa UWG. Beliau juga menyatakan kesiapan untuk menjajaki kolaborasi antar perguruan tinggi melalui relasi kolega yang dimiliki.

2.      Ir Gigih Priyandoko MT PhD, Ketua LPPM UWG Malang, membahas pelaksanaan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) di UWG. Dengan lebih dari 30.000 mahasiswa di Telkom University, dibahas program KPM yang melibatkan mahasiswa dalam dunia industri, mitra industri yang beragam, serta program-program penelitian dan pengabdian masyarakat lainnya.

3.      Dr Ir Rina Pudji Astuti MT., kembali menyoroti kekuatan sistem informasi di Telkom University untuk pelaksanaan Tridharma dan monitoring kinerja, yang sangat mempengaruhi kinerja masing-masing stakeholder.

Teknik-UWG-3.jpg

4.      Dibahas pula implementasi sistem informasi dalam program S1 Elektro dan bidang IT di Telkom University, termasuk aplikasi untuk memantau kerja praktik mahasiswa dan pengelolaan penelitian.

5.      Dr Ir Aji Suradji MSc, Dosen Teknik Sipil UWG, membagikan pengalaman tentang bagaimana membina dosen agar rajin dalam penelitian. Beliau menjelaskan percepatan yang terjadi pada tahun 2013, dengan mengubah paradigma dosen melalui pelatihan, diskusi, dan peningkatan kinerja dengan konsekuensi pada penghasilan dosen.

6.      Tegar, perwakilan dari Telkom University, menyoroti upaya percepatan melalui sistem informasi, termasuk jumlah jurnal dan konferensi yang telah diadakan serta pendampingan dosen dalam setiap penelitian dan pengabdian masyarakat.

Kunjungan ini diakhiri dengan harapan bahwa kerjasama antara Fakultas Teknik UWG Malang dan Telkom University akan semakin erat, memberikan dampak positif dalam pengembangan riset, inovasi, dan pendidikan tinggi di Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES