Indonesia Positif

Apindo Kabupaten Tegal Siap Sentuh UMKM Buka Peluang Usaha

Rabu, 31 Januari 2024 - 21:02 | 13.78k
Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Apindo Kabupaten Tegal Rabu 31 Januari 2024 di ruang pertemuan Joglo Ageng Guci Tegal (Foto Cahyo Nugroho For TIMES Indonesia)
Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Apindo Kabupaten Tegal Rabu 31 Januari 2024 di ruang pertemuan Joglo Ageng Guci Tegal (Foto Cahyo Nugroho For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TEGAL – Rapat Kerja Daerah (Rakerda) bertema peran Apindo dalam peningkatan ekonomi daerah yang berbasis digital di era Revolusi Industri 4.0 menjadi gelaran pertama bagi Apindo Kabupaten Tegal di awal tahun 2024.

Ketua Apindo Kabupaten Tegal, Kiswanto menjelaskan meski Rakerda Rabu 31 Januari 2024 ini pertama tetapi menjadi momen bagi Apindo Kabupaten Tegal lebih meningkatkan sinergi dengan pemerintah daerah serta kualitas.

Mengangkat tema peran Apindo dalam peningkatan ekonomi daerah yang berbasis digital di era Revolusi Industri menjadi bukti bahwa Apindo Kabupaten Tegal di tahun 2024 akan lebih menyentuh semua lapisan pengusaha termasuk pengusaha muda generasi Z.

"Saat ini teknologi telah menguasai semua serba sekali "Klik' termasuk dunia usaha dan Apindo harus menyesuaikan hingga  memahami adanya perkembangan sebagai pendukung program di masa mendatang" jelas Kiswanto.

Apindo-Kabupaten-Tegal-B.jpg

Selain itu Kiswanto didampingi Bendahara Apindo menyampaikan bahwa Rapat Kerja Organisasi Apindo di Aula Joglo Ageng Guci Tegal tahun 2024 sekaligus membahas terkait kesejahteraan karyawan/buruh.

"Diproyeksikan di tahun 2024 akan terjadi banyak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sehingga kondisi ini menjadi pembahasan dalam Rakerda, jadi setidaknya Apindo mampu menekan tingkat PHK pada tahun 2024" tegasnya.

Menurutnya Asosiasi Pengusaha Indonesia adalah sebuah Organisasi Independen dan non partisan bergerak dalam bidang bisnis dan sangat lekat sekali dengan hubungan Industrial, keberadaannya di Kabupaten Tegal sangat memiliki peran penting sebab Kabupaten Tegal mulai tumbuh Industri.

Sesuai dengan salah satu misi Apindo yaitu meningkatkan daya juang dan daya saing pengusaha serta solusi permasalahan yang dihadapi oleh karyawan, untuk itu Apindo akan tetap menjaga hubungan Industrial lebih harmonis, dinamis serta berkeadilan.

Namun ia menerangkan menyoal tuntutan diperjuangkan oleh buruh saat ini telah mengalami perubahan, dahulu tuntunan kaum buruh menjadi pergerakan mencapai kemerdekaan. 

Di era pasca kemerdekaan justru muncul tuntutan mendapatkan hak perlindungan kerja lebih baik sehingga hal ini memicu munculnya permasalahan hubungan kerja melibatkan buruh.

Seiring meningkatnya isu perburuhan dan hubungan industrial, Apindo hadir sebagai satu wadah forum komunikasi dan bertukar pikiran untuk menyelesaikan permasalahan dalam bidang hubungan industrial dan buruh. 

Sementara menanggapi perkembangan teknologi dan liberalisasi perdagangan sangat memberikan pengaruh signifikan bagi kehidupan masyarakat, Apindo Kabupaten Tegal meningkatkan kompetisi efisiensi dan produktivitas serta jejaring untuk menjadi kata kunci keberhasilan.

Nampak hadir dalam Rapat Kerja Daerah Apindo di Aula Joglo Ageng Guci Tegal, Rabu 31 Januari 2024 diantaranya Ketua PHRI, Kepala Perijinan, Kepala Disnakerin serta Pj Bupati yang mewakili dan Kepala BPBD Kabupaten Tegal serta Apindo Jawa Tengah.

Menariknya lagi, Kiswanto Ketua Apindo Kabupaten Tegal menyampaikan bahwa di tahun 2024 Apindo akan merangkul semua pemgusaha hingga menyentuh pengusaha UMKM agar Apindo bisa dipetik manfaatnya tanpa batas.

Hal ini juga mendapat dukungan dan apresiasi dari Apindo Jawa Tengah di era perkembangan teknologi sejatinya Apindo mulai melakukan inovasi - inovasi untuk kebermanfaatannya bagi semua lapisan masyarakat.

"Apindo ini telah lama berdiri dan seiring perkembangan keberadaannya harus semakin dirasakan seluruh masyarakat, jadi diharapkan dengan Rakerda pertama ini oleh Apindo Kabupaten Tegal melahirkan program yang penuh inovasi" tandasnya.

Ia berharap program yang akan di susun dalam Rakerda di Joglo Ageng Guci Tegal turut membangkitkan UMKM daerah sebagai salah satu usaha yang memiliki peluang besar untuk menekan angka pengangguran dan kemiskinan.

"Apindo juga wajib bersinergi dan turut membantu pemerintah dalam mencari solusi sekaligus mengatasi kemiskinan, pengangguran hingga masalah Stunting," pungkasnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES