Indonesia Positif

Pelatihan Aplikasi Pencatatan Keuangan SI APIK untuk Pemilik Usaha Toko Kelontong di Mantren, Ponorogo

Kamis, 01 Februari 2024 - 10:40 | 22.09k
Pelatihan penggunaan aplikasi informasi keuangan ‘SI APIK’ kepada pemilik usaha toko kelontong Mantren, Ponorogo. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)
Pelatihan penggunaan aplikasi informasi keuangan ‘SI APIK’ kepada pemilik usaha toko kelontong Mantren, Ponorogo. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Mahasiswa UNIPMA Madiun (Universitas PGRI Madiun) yang tergabung dalam kegiatan KKN-T  Kelompok 38  Tahun 2024 mengadakan program "Pelatihan Penggunaan Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan SI APIK Kepada Pemilik Usaha Toko Kelontong Dusun Mantren". Bertempat di Toko Kelontong Misti Desa Bajang, kegiatan pelatihan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengenalan dan pelatihan Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan (SI APIK) yang diluncurkan resmi oleh Bank Indonesia. Kegiatan dilaksanakan pada Kamis (11/1/2024).

SI APIK atau Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan adalah aplikasi akuntansi yang dapat digunakan untuk mencatat transaksi keuangan secara mobile menggunakan perangkat smartphone berbasis android dan iOS. Aplikasi ini dikembangkan dengan mengacu kepada Pedoman Pencatatan Transaksi Keuangan yang disusun oleh Bank Indonesia bersama Ikatan Akuntansi Indonesia serta Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK EMKM).

aplikasi-SI-APIK.jpg

Dalam kegiatan pelatihan Aplikasi SI APIK di Dusun Mantren terdapat beberapa rangkaian kegiatan yang dimulai dengan pendataan mitra yang berminat, pelatihan secara langsung, serta monitoring yang dilaksanakan dua kali. Tujuan dilakukannya pelatihan Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan ini untuk memudahkan pemilik usaha atau UMKM khususnya toko kelontong untuk mengetahui pemasukan, pengeluaran, keuntungan dan kerugian pemilik usaha tanpa melakukan perhitungan secara manual.

 Selain memudahkan dalam penyusunan laporan keuangan, juga memiliki manfaat lain sebagai bahan pengajuan kredit atau pembiayaan kepada perbankan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES