Indonesia Positif

MI dan MTs Al-Khairiyah Panecekan Kabupaten Serang Gelar Program Kerja Tahunan

Kamis, 01 Februari 2024 - 12:18 | 15.72k
Kegiatan program peningkatan kinerja dan kompetensi guru MI dan MTs Al-Khairiyah. (Foto : Muhammad Uqel/Times Indonesia).
Kegiatan program peningkatan kinerja dan kompetensi guru MI dan MTs Al-Khairiyah. (Foto : Muhammad Uqel/Times Indonesia).

TIMESINDONESIA, BANTEN – Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah Al-Khairiyah Panecekan, Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang melakukan program peningkatan kinerja dan kompetensi guru pada Kamis, 1 Februari 2024.

Turut hadir Ketua Yayasan Al Khairiyah Panecekan H. Suja'i, S.Ag,. M.Si, Kepala MTs Al Khairiyah Panecekan Sayubi,S.HI., Kepala MI Al Khairiyah Panecekan Syaripudin,S.Pd.I serta seluruh jajaran dewan guru. 

Narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan tersebut yakni dari kelompok kerja pengawas Kemenag Kabupaten Serang Rahmat, M.Pd dan Bapak H. Duriyat, M.Pd.I.

Ketua Yayasan Al Khairiyah Panecekan H. Suja'i mengatakan, ada tiga point penting yang harus dimiliki bagi tenaga pendidik diantaranya kemampuan skill, memberi contoh yang baik bagi siswa, serta memiliki ruh nyata untuk kemajuan madrasah.

"Kesemuanya itu penting dimilik oleh guru, demi kemajuan madrasah dan meningkatkan pendidikan bagi siswa," ujarnya, Kamis (01/02/2024). 

Di tempat yang sama, Kepala Madrasah Al-Khairiyah Sayubi menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kepala Pokjawas Kemenag Kab Serang yang telah menyempatkan waktunya untuk hadir dan bersilaturahmi di Yayasan Al Khairiyah Panecekan.

"Ini tentu sekaligus nantinya bisa memberikan pemahaman serta arahan kepada seluruh dewan guru MI dan MTs Al-Khairiyah Panecekan agar lebih mengembangkan potensi dirinya selaku pendidik," katanya. 

Sementara itu, Pengawas MTs Al-Khairiyah Panecekan H. Duriyat mengatakan, pihaknya mengapresiasi kepada MI dan MTs Al-Khairiyah Panecekan yang telah berhasil mendapatkan predikat Otomasi Akreditasi dari BAN S/M atau Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.

"Secara otomatis 5 tahun selanjutnya akreditasi MI dan MTs Al-Khairiyah Panecekan diperpanjang tanpa visitasi dengan nilai "B" atau Baik. Perjuangan dan kerja keras dari seluruh pihak terutama Kepala Madrasah, Operator dan Seluruh Dewan Guru patut diapresiasi setinggi-tingginya," ucapnya. 

Ketua Pokjawas Kemenag Kabupaten Serang Rahmat mengatakan, dirinya juga mengapresiasi kepada dua lembaga yang berada di naungan Yayasan Al Khairiyah Panecekan baik MI dan MTs Al-Khairiyah Panecekan yang berhasil meraih Otomasi Akreditasi Nasional secara otomatis 5 tahun perpanjangan.

"Kegiatan pembinaan atau pelatihan ini harus dilakukan secara periodik guna memenuhi syarat seorang pendidik profesional dan meningkatkan kompetensi guru. Seorang pendidik profesional memiliki beban moril dan kinerja secara menyeluruh," katanya. 

Selain itu, lanjut Rahmat, menghadapi kurikulum merdeka atau merdeka belajar, seorang pendidik diberikan keluasaan dalam menyampaikan materi dibarengi dengan implementasi dari pembelajaran.

"Pemerintah telah mengeluarkan kurikulum yang baru yaitu kurikulum merdeka, kunci dari keberhasilan dari kurikulum merdeka itu sendiri yaitu kemauan pendidik atau guru menerima kurikulum merdeka," pungkasnya.  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES