Indonesia Positif

Bulan K3 Nasional: Pupuk Kaltim Perkuat Budaya Keselamatan dengan Libatkan Karyawan dan Masyarakat

Kamis, 01 Februari 2024 - 19:56 | 15.80k
Bulan K3 Nasional menjadi salah satu momentum Pupuk kaltim dalam mengedukasi masyarakat untuk perkuat budaya K3 (Foto: Pupuk Kaltim For TIMES Indonesia) 
Bulan K3 Nasional menjadi salah satu momentum Pupuk kaltim dalam mengedukasi masyarakat untuk perkuat budaya K3 (Foto: Pupuk Kaltim For TIMES Indonesia) 

TIMESINDONESIA, BONTANG – Sebagai pelaku industri pupuk dan petrokimia yang sangat dekat dengan operasional pabrik dan material yang berisiko tinggi, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) berkomitmen penuh untuk mengedepankan prinsip dan penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di dalam setiap tahapan operasionalnya sehari-hari. 

Di Pupuk Kaltim, budaya penerapan K3 di seluruh aspek kegiatan perusahaan dikomandoi oleh unit Kerja Departemen K3. Selain itu, ada juga beberapa tim khusus yang direkrut dari semua unit kerja untuk mendukung penerapan K3 seperti Tim Gugus Penanggulangan Kebakaran, P2K3, Tim P3K, Tim Evakuasi, Tim SAR dan petugas Safety Representatives sebagai perwakilan tiap unit kerja yang ada di Pupuk Kaltim.

Implementasi K3 yang dilakukan Pupuk Kaltim mengacu pada Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) yang didasari oleh Peraturan Pemerintah nomor 50 Tahun 2012 dan Standar ISO 45001:2018. 

pupuk-kaltim.jpgPupuk Kaltim bersama seluruh karyawan dan masyarakat sekitar di Bontang menunjukkan komitmen mereka dalam mengedepankan upaya K3 untuk mengoptimalkan produktivitas SDM. (Foto: Pupuk Kaltim For TIMES Indonesia)

Implementasi SMK3 itu dilakukan untuk memastikan pemenuhan aspek K3 di seluruh aktivitas, mulai dari identifikasi terhadap risiko, analisa penilaian, dan upaya mitigasi risiko menggunakan sejumlah tools, seperti Sistem Manajemen Risiko yang terintegrasi dalam seluruh proses bisnis perusahaan.

Meski selalu konsisten diterapkan dalam berbagai lini aktivitas, namun secara khusus, mulai 12 Januari hingga 12 Februari 2024, Pupuk Kaltim turut meramaikan peringatan Bulan K3 Nasional (BK3N) yang dicanangkan pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan. 

Dengan mengusung tajuk “Budayakan K3, Sehat, dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlanjutan Usaha”, Pupuk Kaltim bersama seluruh karyawan dan masyarakat sekitar di Bontang menunjukkan komitmen mereka dalam mengedepankan upaya K3 untuk mengoptimalkan produktivitas SDM. 

Selain itu, peringatan BK3N ini juga sebagai upaya mendukung pencapaian tujuan ke-8 dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, kesempatan kerja yang produktif dan menyeluruh serta pekerjaan yang layak. 

Direktur Utama Pupuk Kaltim Budi Wahju Soesilo, mengungkapkan bahwa pelaksanaan BK3N bukan hanya sebuah perayaan namun juga sebuah langkah kolaboratif dari Pupuk Kaltim untuk menciptakan budaya keselamatan dan kesehatan kerja yang lebih baik di lingkungan kerja dan masyarakat sekitar. 

“Melalui rangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama satu bulan ini, Pupuk Kaltim mengajak seluruh karyawan dan masyarakat untuk mengetahui pentingnya keselamatan dan kesehatan dalam setiap aspek kehidupan sehingga produktivitas dapat terjaga secara optimal. Safety is Our Personality menjadi slogan Pupuk Kaltim dalam membudayakan K3 di setiap aspek perusahaan. Filosofi dasar K3 menjadi panduan kami dalam menjaga keutuhan pekerja. Bagi kami, penerapan K3 bukan hanya tujuan, tetapi bagian dari perjalanan perusahaan menuju kesuksesan yang berkelanjutan.” ujarnya. 

Komitmen Pupuk Kaltim terhadap pelaksanaan K3 di perusahaan dapat dilihat dari berbagai penghargaan yang telah diterima sepanjang 2023 dari Kementerian Ketenagakerjaan. Pupuk Kaltim menerima Penghargaan Kecelakaan Nihil atas prestasi perusahaan dalam melaksanakan K3 yang mencapai 53.328.987 jam kerja orang tanpa kecelakaan kerja terhitung sejak 9 Februari 2016 sampai dengan 31 Desember 2022. 

Pupuk Kaltim juga menerima Penghargaan Program Pencegahan Dan Penanggulangan COVID-19 di tempat kerja dengan Kategori Platinum serta menerima Penghargaan Program Pencegahan Dan Penanggulangan HIV-AIDS di tempat kerja dalam Kategori Platinum.

Memeriahkan BK3N Pupuk Kaltim 2024, Pupuk Kaltim melaksanakan beberapa rangkaian acara yang dibuka dengan lomba lari 5 kilometer, workshop Contractor Safety Management System (CSMS) bersama Kamar Dagang dan Industri (KADIN), lomba penyelamatan dan penanganan kebakaran, lomba safety induction, dan seminar kesehatan bertajuk “Happiness Comes with Healthiness” yang dilakukan bersamaan dengan kegiatan Konseling dan Tes HIV Sukarela bagi peserta seminar guna meningkatkan kesadaran terkait HIV/AIDS.

Dengan tingginya dukungan dari pihak eksternal dalam keberlangsungan bisnis perusahaan, Pupuk Kaltim juga melakukan penilaian Kinerja Keamanan Kontraktor guna memotivasi kontraktor agar selalu mengutamakan K3 dalam meningkatkan dan mempertahankan performanya. 

Tak berhenti disitu, Pupuk Kaltim juga mengadakan lomba poster K3 kepada pelajar SMA se-kota Bontang dan lomba video reels Instagram serta Safety Campaign in The Air (siaran radio) untuk masyarakat umum guna mengajak seluruh elemen masyarakat memahami makna K3 secara menyeluruh. Perayaan BK3N Pupuk Kaltim 2024 nantinya akan ditutup dengan memberikan penghargaan K3 serta peresmian PLTS sebagai bentuk Pupuk Kaltim dalam upaya dekarbonasi.

“Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan aspek penting dalam perlindungan ketenagakerjaan dan merupakan hak dasar dari setiap tenaga kerja. Dan sebagai perusahaan yang berdiri berdampingan dengan masyarakat, kami berkomitmen menjaga keutuhan, kesehatan dan keselamatan bukan hanya untuk karyawan perusahaan, tetapi juga masyarakat, terutama yang tinggal di area dekat pabrik sebagai prioritas utama perusahaan,” tutup Soesilo Direktur Utama Pupuk Kaltim. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES