Indonesia Positif

Dies Natalis ke- 22, Tim Matching Fund Polisma Malang Beri Kado Inovasi IoT

Jumat, 02 Februari 2024 - 13:42 | 30.27k
Peralatan IoT yang diberikan oleh unit Pengelola MF POLISMA ke perwakilan Dosen D3 Teknik Listrik. (FOTO: Polisma for TIMES Indonesia)
Peralatan IoT yang diberikan oleh unit Pengelola MF POLISMA ke perwakilan Dosen D3 Teknik Listrik. (FOTO: Polisma for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Tim Matching Fund (MF) Politeknik Unisma Malang (Polisma) berhasil mengembangkan inovasi terbaru dengan mengembangkan alat Internet of Things (IoT) yang revolusioner. Inovasi ini menjadi persembahan istimewa dari Tim MF Polisma kepada Program Studi Listrik di kampus.

Alat IoT yang dikembangkan oleh tim tersebut diintegrasikan dengan teknologi terkini untuk mendukung keberlanjutan dan efisiensi di bidang kelistrikan. Alat ini dirancang untuk memonitor dan mengontrol berbagai aspek dalam sistem kelistrikan, memberikan solusi cerdas untuk meningkatkan kehandalan dan efisiensi energi.

Ketua Tim MF Polisma,  Mokh. Suseno Aji Sari ST., MT., menjelaskan bahwa alat ini memiliki beberapa fitur unggulan, termasuk kemampuan pemantauan real-time terhadap konsumsi energi, deteksi anomali, dan otomatisasi yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan.

"Kami percaya bahwa inovasi ini dapat menjadi langkah maju dalam pengelolaan energi dan kontribusi positif terhadap keberlanjutan," paparnya.

Dalam hal ini ketua Program studi D3 teknik Listrik yang di wakili oleh Ana Nuril Achadiyah, ST., MT. menerima persembahan ini dengan antusias dan semangat. Ana menyatakan apresiasinya terhadap dedikasi dan kerja keras Tim MF Polisma.

"Alat IoT ini tidak hanya memperkaya pembelajaran di Program studi D3 Teknik Listrik, tetapi juga membuka peluang untuk penelitian lebih lanjut di bidang kelistrikan," kata dia.

Menurutnya, ini adalah langkah besar menuju teknologi pintar yang dapat meningkatkan efisiensi energi. "Dan ini merupakan kado terindah bagi Program Studi D3Teknik Listrik di Dies Natalis Polisma ke-22 ini," ujarnya.

Kolaborasi antara Tim MF Polisma dan Prodi Listrik diharapkan dapat terus berkembang, membuka pintu bagi proyek-proyek inovatif lainnya di masa depan.

Diharapkan pula bahwa alat IoT ini dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa dan seluruh sivitas akademika Polisma lainnya untuk terlibat dalam riset dan pengembangan teknologi yang mendukung keberlanjutan dan efisiensi di berbagai bidang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES