Indonesia Positif

3 Bidang Ilmu di Universitas Brawijaya Tempati Top University Ranking

Senin, 05 Februari 2024 - 14:36 | 11.92k
Universitas Brawijaya. (Dok. TIMES Indonesia)
Universitas Brawijaya. (Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Tiga bidang ilmu yang ada di Universitas Brawijaya (UB) berada pada posisi teratas QS World University Ranking (WUR) untuk periode tahun 2023. Tiga bidang ilmu tersebut yakni Law and Legal Studies, Agriculture and Foresty, serta Business and Management Studies.

"Untuk Law and Legal Studies tahun ini berada di peringkat 301-350 dan tahun sebelumnya juga masih sama. Agriculture and Foresty berada di posisi 251-300 lebih tinggi dibandingkan tahun lalu yang hanya 301-350. Dan Bussines and Management Studies masih sama seperti tahun lalu berada pada posisi 451-500," terang Ketua UPT Reputasi UB, Adharul Mutaqien

Dosen Fakultas Teknik itu menambahkan, ada beberapa indikator yang dilibatkan dalam penilaian tersebut yaitu Academic Reputation; Employer Reputation; Citation Paper, dan H-Index Citation untuk bidang tersebut.

"Academic dan Employer Reputation penilaiannya berdasarkan survey yang disebar ke sejumlah orang. Academic report terkait survey kademik  dinilai olah beberapa orang yang sebidang sementara Employer Reputation adalah survey  bidang non akademik yang disebar pada sejumlah pengguna lulusan," katanya.

Sementara itu, citation paper adalah jumlah sitasi untuk satu paper. "Jika satu paper punya sitasi tinggi berarti publikasi UB akan dilihat sangat berkualitas dan jadi rujukan," katanya.

Sedangkan, H Indeks Citation adalah jumlah dokumen yang memiliki sitasi dengan jumlah tertentu. "Publikasi diukur dari H Indeks yang berkaitan dengan jumlah artikel yang dihasilkan penulis dan disitasi sesuai dengan indeks atau jumlah yang ditentukan," kata dosen Teknik Elektro tersebut.

Adharul juga menyampaikan bahwa bidang-bidang lain yang belum muncul bukan berarti tidak memberikan kontribusi terhadap capaian UB, akan tetapi luarannya masih karalah bersaing dengan perguruan tinggi yang lain. Ke depan diharapakan akan semakin banyak riset lintas jurusan dan kualitas publikasi UB semakin banyak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES