Indonesia Positif

Begini Kata Rektor Universitas Bondowoso  Soal Petisi Perguruan Tinggi Jelang Pemilu 2024

Selasa, 06 Februari 2024 - 13:09 | 10.45k
Rektor Universitas Bondowoso (Unibo) Samsul Arifin (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Rektor Universitas Bondowoso (Unibo) Samsul Arifin (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Dalam beberapa hari terakhir, ramai deklarasi selamatkan demokrasi sejumlah perguruan tinggi di Indonesia menjelang Pemilu 2024.

Salah satu poin dalam deklarasi tersebut adalah menuntut Presiden Joko Widodo agar bersikap netral menjelang pesta demokrasi 14 Februari 2024 mendatang. 

Mengenai sikap sejumlah kampus tersebut. Rektor Universitas Bondowoso (Unibo) Samsul Arifin menjelaskan, bahwa hal itu sah-sah saja dilakukan di negara yang menganut pemerintahan demokrasi. 

Menurutnya, deklarasi sejumlah perguruan tinggi di Indonesia adalah bagian dari ekspresi akademik. Hal itu juga wujud kebebasan dalam berpendapat di depan publik.

Pihaknya mengaku sangat menghormati nilai-nilai keberagaman pilihan. Apalagi menjelang pesta demokrasi. Menurutnya, suasana menjelang Pilpres 2024 ini harus tetap aman, damai dan kondusif.

“Saya selaku Rektor Universitas Bondowoso mengajak Civitas Akademika serta masyarakat Bondowoso agar menjaga kondusifitas," terang dia. 

Dirinya senantiasa berusaha menjaga atmosfer kampus sebagai mimbar akademik yang bertanggung jawab.

"Hakikat kampus yaitu menjunjung tinggi kebebasan berpendapat, namun juga menghormati keberagaman pilihan yang beragam,” terang dia. 

Seperti diketahui, sejumlah perguruan tinggi di beberapa Inido melayangkan kritik secara terbuka atas kondisi demokrasi Indonesia dalam masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Petisi berisikan kritik tegas kepada Jokowi.

Diantara perguruan tinggi yang menyerukan kritiknya yaitu Universitas Indonesia (UI), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Islam Indonesia (UII). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES