Indonesia Positif

Mahasiswa KKN-T MBKM Kelompok 31 UNIPMA Jalankan Program Bakti Negeri di MI Ma’arif Panjeng

Rabu, 07 Februari 2024 - 11:50 | 11.82k
Penataan dan pengelolaan perpustakaan MI Ma’arif Panjeng. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)
Penataan dan pengelolaan perpustakaan MI Ma’arif Panjeng. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Pelaksanaan KKN-T MBKM UNIPMA Madiun (Universitas PGRI Madiun) tahun 2024 yang dilaksanakan mulai 20 Desember 2023 - 30 Januari 2024 telah melaksanakan berbagai program kerja unggulan, salah satunya yaitu program kerja bakti negeri. 

Program kerja bakti negeri yang terlaksana di MI Ma’arif Panjeng meliputi penataan dan pengelolaan perpustakaan, penempelan poster, pembuatan mading sekolah dan donasi buku layak pakai. Tujuan dari program kerja bakti negeri ini yaitu sebagai bentuk pengabdian mahasiswa kepada negeri yang dilaksanakan di MI Ma’arif Panjeng Jenengan, Ponorogo. 

Kegiatan ini juga tak lepas dari bantuan mahasiswa KKN-T Kelompok 31 yang berjumlah 21 mahasiswa dan guru MI Ma’arif Panjeng, serta dibimbing oleh Dr. Endang Sri Maruti, M.Pd selaku dosen pendamping KKN-T kelompok 31 UNIPMA.

Program kerja bakti negeri ini memiliki beberapa sub bab yang pertama yaitu penataan dan pengelolaan perpustakaan sekolah. Dalam sub bab ini kami rekan mahasiswa membantu penataan dan pengelolaan perpustakaan yang meliputi membersihkan perpustakaan, penataan buku perpustakaan sesuai dengan kategorinya serta penamaan buku. 

unipma-b.jpg

Selain itu, kami juga mendekorasi perpustakaan semenarik mungkin agar menarik minat siswa siswi MI Ma’arif Panjeng untuk mengunjungi serta belajar di perpustakaan. Dekorasi kami berupa penempelan pohon baca yang memiliki tujuan untuk menstimulus siswa agar rajin membaca. 

Selain itu, dekorasi yang lain berupa alat ukur tinggi badan siswa serta abjad yang ditempelkan di dinding perpustakaan. Pengelolaan perpustakaan yang dibuat sedemikian rupa selain memberikan informasi juga memperindah interior ruangan perpustakaan MI Ma’arif Panjeng.

Program bakti negeri sub bab kedua yaitu penempelan poster. Tujuan mahasiswa menambah koleksi poster di sekolah adalah untuk meningkatkan kesadaran siswa MI Ma’arif Panjeng tentang meningkatkan literasi membaca, hemat energi, dan menjaga kebersihan di lingkungan sekolah. Kami membuat poster dengan semenarik mungkin, agar para siswa lebih antusias untuk mengimplementasikan maksud dari isi poster tersebut.

Kemudian, mahasiswa menempelkan poster tersebut di perpustakaan, lingkungan sekolah, dan seluruh kelas di MI Ma’arif Panjeng. Dengan adanya poster terkait peningkatan literasi, menjaga kebersihan, dan hemat energi diharapkan siswa MI Ma’arif Panjeng dapat menerapkan poster tersebut dengan baik. 

unipma-c.jpg

Program sub bab bakti negeri selanjutnya adalah pembuatan dan penempelan mading di MI Ma’arif. Pembutaan mading bertemakan “Stop bullying” bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa-siswi MI Ma’arif Panjeng untuk lebih peduli terhadap tindakan bullying yang terjadi di wilayah sekolah. Pembuatan mading ini menggunakan gambar-gambar yang menarik untuk menarik siswa-siswi MI Ma’arif Panjeng agar tertarik untuk membaca dan memperhatikan mading yang telah dibuat.

Sub bab yang terakhir pada bakti negeri yaitu penggalangan donasi buku. Mahasiswa menyebar pamflet di media sosial seperti instagram dan Whatsapp masing-masing anggota. Donasi yang dibutuhkan pada program ini dapat berupa uang maupun buku layak pakai. Buku yang dibutuhkan perpustakaan MI Ma'arif Panjeng adalah buku cerita, ensiklopedia dan pengetahuan umum. Dalam program ini kami mampu mendonasikan sebanyak 32 buku yang terdiri dari 15 buku cerita, 2 kamus bergambar, 5 buku ensiklopedia, 3 atlas edisi terbaru, dan 7 buku pengetahuan umum. Setelah buku terkumpul, kami menyerahkan kepada kepala sekolah MI Ma’arif Panjeng.

Terlaksananya program kerja bakti negeri ini, diharapkan mampu memberikan manfaat kepada berbagai pihak terutama MI Ma’arif Panjeng dan rekan-rekan mahasiswa yang turut serta berpartisipasi dalam program kerja unggulan ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES