Indonesia Positif

Mahasiswa KKN-T MBKM UNIPMA Kelompok 31 Sosialisasi Penanaman Toga dan Pembuatan Jamu Bubuk

Rabu, 07 Februari 2024 - 17:38 | 7.44k
Mahasiswa KKN-T MBKM UNIPMA Kelompok 31 saat sosialisasi Penanaman Toga dan Pembuatan Jamu Bubuk di desa Panjeng Ponorogo. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)
Mahasiswa KKN-T MBKM UNIPMA Kelompok 31 saat sosialisasi Penanaman Toga dan Pembuatan Jamu Bubuk di desa Panjeng Ponorogo. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Mahasiswa UNIPMA Madiun (Universitas PGRI Madiun) melaksanakan program kerja unggulan yaitu Sosialisasi Penanaman Toga, Perawatan Tanaman Toga, dan Pembuatan Jamu Bubuk dengan Metode “Kristalisasi” dari tanaman Toga.

Kegiatan yang dilakukan, mulai dari persiapan tanam, penanaman toga, perawatan, hingga pengolahan hasil kebun toga menjadi jamu bubuk. Di mana kegiatan ini dilaksanakan pada rentang waktu 28 Desember 2023 sampai dengan 26 Januari 2024. 

Toga atau tanaman obat keluarga adalah salah satu program yang memanfaatkan tanah baik dihalaman rumah, kebun, atau ladang untuk membudidayakan tanaman yang memiliki khasiat menyembuhkan penyakit atau sebagai obat. 

Penanaman-Toga.jpg

Kegiatan sosialisasi mengenai pengenalan tanaman Toga yang dilaksanakan di Desa Panjeng, Ponorogo, dilaksanakan pada 

28 Desember 2023 di TPS Desa Panjeng. Kegiatan pengenalan tanaman Toga memiliki tujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada masyarkat Desa Panjeng mengenai tanaman Toga dan manfaat yang diperoleh dengan memanfaatkan tanaman Toga. 

Dengan diadakannya kegiatan ini oleh mahasiswa Unipma Madiun, diharapkan masyarakat Desa Panjeng memiliki minat untuk melakukan kegiatan penanaman tanaman Toga dan memanfaatkannya.

Setelah melakukan kegiatan workshop mengenai pengenalan tanaman Toga, ada beberapa kegiatan yang dilakukan ibu -ibu didampingi mahasiswa Unipma Madiun. Kegiatan yang dilakukan adalah dengan perawatan pada tanaman Toga yang telah ditanam di lahan depan TPS Desa Panjeng. Dari kegiatan ini, ibu-ibu PKK Desa Panjeng memiliki minat yang tinggi terhadap pemanfaatan tanaman Toga. Karena itu dilakukanlah kegiatan workshop penanaman tanaman Toga untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat di Desa Panjeng agar dapat memanfaatkan tanaman Toga. Kegiatan perawatan tanaman toga mulai dari pembersihan rumput disekitar tanaman, pemupukan dan penyiraman yang semuanya dilaksanakan pada rentang waktu 1 -22 Januari 2024.

Pembuatan-Jamu-Bubuk.jpg

Selain penanaman dan perawatan, program kerja selanjutnya adalah pelatihan pembuatan jamu bubuk dengan metode kristalisasi. Di mana tujuan dari kegiatan ini adalah untuk upaya untuk meningkatkan mutu jual tanaman Toga. Kegiatan ini terlaksana pada Jumat, 26 Januari 2024 dengan kembali mengaet mitra yakni ibu-ibu PKK Desa Panjeng. Pemanfaatan tanaman Toga merupakan sarana memperbaiki gizi masyarakat, pelestarian alam dengan melakukan upaya budidaya untuk mencegah kepunahan, penyebaran gerakan penghijauan untuk daerah yang mengalami penggundulan karena dapat dilakukan penanaman tanaman obat yang berupa pepohonan seperti pohon asam, kedaung, dan trengguli, serta sarana pemerataan pendapatan karena menyediakan bahan obat yang berasal dari tanaman obat di mana dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan.

Program kerja mahasiswa KKN Unipma Madiun ini telah selesai dilaksanakan bersama PKK Desa Panjeng. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES