Indonesia Positif

IDE Indonesia: Meneguhkan Komitmen Anak Muda dalam Menjaga Demokrasi

Sabtu, 10 Februari 2024 - 21:46 | 15.11k
Foto: Ist
Foto: Ist

TIMESINDONESIA, JAKARTA – dir="ltr">Cafe Hangout Salihara menjadi saksi atas momentum penting dalam perjalanan demokrasi Indonesia dengan diselenggarakannya acara Zoon Politicon Fest V.1. Dengan tema utama "Anak Muda Jaga Demokrasi Pemilu Damai 2024: Tolak Hoax, Politik Sara, dan Ujaran Kebencian", acara ini memperkuat kesadaran akan peran generasi muda dalam menjaga integritas pemilu dan menghindari politik yang menyudutkan.

Acara ini dihadiri oleh beragam pemateri dari lintas bidang yang memberikan pandangan dan wawasan yang berharga. Salah satu di antaranya adalah Kombes Pol Daniel Victor Tobing, yang membawakan analisis kebijakan dari Bidang Kemneg Baintelkan Polri. Gugun Gumilar, Founder The IDE Indonesia, juga turut berbagi pengalaman tentang pentingnya literasi politik di era digital.

Tidak hanya itu, kehadiran Mahfut Khanafi Ketua Umum PB HMI MPO, Hilmi Ash Shidiqi dari Korpus BEM SI, M. Syahrus Shobirin dari Korpus Dema PTKIN SI, dan Fitran Nufus dari Analisis Data Naradata, semakin melengkapi keragaman pandangan dan pemahaman tentang demokrasi dan pemilu yang damai.

Dalam acara yang dihadiri oleh lebih dari 100 peserta dari berbagai latar belakang, mulai dari mahasiswa, diplomat, masyarakat umum, hingga organisasi keagamaan, terbentuklah sebuah ruang dialog yang membangun sinergitas. Tujuan utama acara ini adalah untuk membina sinergitas bersama seluruh mahasiswa se-Jakarta dalam mendukung penyelenggaraan pemilu yang damai.

Menurut Harry Ahmad Gunawan, Direktur Analisis & Kebijakan Publik IDE Indonesia, Zoon Politicon Fest V.1 tidak hanya menjadi awal dari serangkaian kegiatan serupa, tetapi juga menjadi tonggak penting dalam upaya menyebarkan semangat demokrasi di seluruh Indonesia. "Demokrasi memerlukan ruang dialog dan kerja sama dari semua pihak untuk menciptakan kondisi yang lebih baik di masa depan," katanya.

Dengan demikian, harapan dari kegiatan ini bukan hanya menjadi platform awal, tetapi juga menjadi benchmark dan percontohan proses dialog yang konstruktif untuk menciptakan situasi damai sebelum, selama, dan setelah pemilu di seluruh Indonesia.

Zoon Politicon Fest V.1 membuktikan bahwa anak muda memiliki potensi besar dalam menjaga demokrasi, dan dengan sinergi yang kuat antar berbagai pihak, Indonesia dapat melangkah maju sebagai negara demokratis yang matang dan beradab.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Haris Supriyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES