Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Tim KSM Unisma Malang Berikan Solusi Alternatif Pakan Ternak saat Musim Kemarau

Rabu, 13 Maret 2024 - 12:42 | 11.04k
Mahasiswa KSM-T Unisma Malang memberikan edukasi pelatihan pembuatan silase kepada peternak dusun Lemahbang. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Mahasiswa KSM-T Unisma Malang memberikan edukasi pelatihan pembuatan silase kepada peternak dusun Lemahbang. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Kelompok 28 Kandidat Sarjana Mengabdi (KSM-T) Universitas Islam Malang yang ditempatkan di Dusun Lemahbang Desa Kemiri Kec. Jabung Kab. Malang bergerak di bidang peternakan.

Setelah satu minggu awal kedatangan kelompok 28  melakukan observasi, koordinasi sekaligus diskusi dengan perangkat desa dan warga setempat, alhasil kelompok 28 memutuskan untuk mengadakan kegiatan edukasi tentang pembuatan Silase.

Dega, Ketua Kelompok 28 menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan jawaban sekaligus ikhtiar dari kelompok kami untuk menjawab permasalahan warga disini dalam sulitnya mencari pakan ternak sapi pada musim kemarau. Sebab saat tibanya musim kemarau panjang yang melanda dengan tidak turunnya hujan disertai adanya penutupan irigasi untuk rehabilitasi, kondisi hamparan terjadi kekeringan. Sehingga dampak atas kejadian tersebut membuat petani dan peternak disini sulit untuk memproduksi maupun mencari hijauan untuk pakan ternaknya.

Bapak Riasan, salah seorang peternak sapi sekaligus Ketua RW 04 Dusun Lemahbang Desa Kemiri mengaku, jika saat musim kemarau ini rumput sulit didapat.

Menurut beliau, saat musim kemarau ini memang menjadi ujian bagi para peternak. Kondisi demikian sebenarnya sudah berlangsung dari tahun ke tahun.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

"Ini menjadi ujian bagi kami peternak, kami sulit mendapatkan rumput, kalaupun ada jumlahnya juga sangat sedikit itupun di dapat dari area yang memang jauh atau pun kita harus cari di hutan. Bahkan kami juga rela membeli rumput yang dijual pada waktu itu dua kali lipat dari harga biasanya seharga 25.000 per ikatnya," ujar Ketua RW sekaligus peternak yang memiliki 16 ekor sapi saat dihubungi Kelompok 28.

Kegiatan Edukasi Pelatihan Pembuatan Silase ini berlangsung pada hari Sabtu, 2 Maret 2024 pukul 13.15 hingga pukul 14.30 wib. Kegiatan dimulai dengan sambutan dari perwakilan Kelompok 28 KSM-T Unisma, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber yang dalam hal ini disampaikan oleh Rekan Muhammad Ghozali Ma’mun (Fakultas Peternakan) mengenai teknik pembuatan silase yang baik dan benar.

Sesi praktik langsung pembuatan silase oleh para peserta dengan bimbingan dari fasilitator. Selama kegiatan, suasana interaktif dan partisipatif terjaga dengan baik, di mana peserta aktif bertanya dan berdiskusi mengenai pembuatan silase.

Kegiatan berlangsung lancar dan meriah dengan antusiasme tinggi dari para peserta. Para peserta diberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai proses pembuatan silase, mulai dari pemilihan bahan baku, teknik pengemasan, hingga penyimpanan yang tepat.

Domiri, peserta sekaligus peternak disini juga mengungkapkan rasa senangnya ketika ada edukasi dari mahasiswa Unisma Malang. “Daripada kami membeli Silase yang harganya lumayan mahal di koperasi ini, setelah kami mengetahui alat, bahan, dan cara pembuatannya mungkin kami untuk ke depanya akan membuat sendiri selain caranya yang praktis dan gampang juga mengurangi pengeluaran kami nantinya,” kata Domiri. 

Kegiatan edukasi pelatihan pembuatan silase di Dusun Lemahbang Desa Kemiri oleh Kelompok 28 KSM-T Unisma Malang sukses terselenggara. Para peserta diberikan pengetahuan dan keterampilan yang diharapkan dapat membantu mengawetkan pakan ternak secara mandiri dan berkualitas, sehingga dapat digunakan pada musim kemarau nantinya. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Pewarta: Achmad Dega Aunal Jaka, Mahasiswa KSM-T Kelompok 28 Universitas Islam Malang (UNISMA)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES