Indonesia Positif

Bambang Haryo, Bapak Petani Sidoarjo Kembali ke Senayan

Kamis, 21 Maret 2024 - 21:36 | 18.50k
Bambang Haryo Soekartono saat menghadiri panen raya di Kabupaten Sidoarjo (FOTO: Rudi Mulya)
Bambang Haryo Soekartono saat menghadiri panen raya di Kabupaten Sidoarjo (FOTO: Rudi Mulya)

TIMESINDONESIA, SIDOARJO – Rekapitulasi hasil Pemilu 2024 resmi diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI). Pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres), Pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) hingga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi, Kabupaten maupun Kota di Indonesia sudah selesai ditingkat KPU RI. 

Dalam prosesi pleno ditingkat KPU RI, Ir Bambang Haryo Soekartono atau BHS yang dikenal sebagai Bapak Petani Sidoarjo memperoleh suara terbanyak di Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur 1 yang meliputi Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo. 

KPU-2.jpg

Anggota Dewan Pakar DPP Partai Gerindra ini menjuarai raihan suara dengan perolehan 190.742 suara dari 10 kursi yang diperebutkan di DPR RI Dapil Jatim 1.

Terpilihnya Bambang Haryo Soekartono kembali ke Senayan menunjukkan jika Founder BHS Peduli tersebut dicintai masyarakat Sidoarjo dan Surabaya. 

Ya, Bapak Petaninya Sidoarjo ini dikenal vokal membela kepentingan masyarakat kecil atau wong cilik. BHS juga dikenal dimasyarakat Jawa Timur sebagai sosok peduli dan sosok yang memiliki rasa sosial tinggi.

Bambang-Haryo-Soekartono-2.jpg

CEO PT. Darma Lautan Utama (DLU) selalu turun langsung jika ada permasalahan yang bersinggungan dengan kebijakan tidak pro atau merugikan masyarakat bawah seperti pedagang, petani, nelayan dan lainnya.

Pun saat tragedi bencana, Bambang Haryo bersama Dharma Lautan Utama dan BHS Peduli terjun langsung mengirimkan bantuan ke lokasi.

Bambang Haryo Soekartono juga sangat kritis terhadap urusan publik (kebijakan publik red) yang tidak pro-rakyat. Seperti masalah kedaulatan pangan, maritim hingga transportasi Indonesia.

Bukan hanya kritis, BHS juga memberikan solusi bagaimana kebijakan Pemerintah maupun Pemerintah Daerah dinikmati publik atau kebijakan yang Pro Rakyat.  

Kembalinya si-Vokal ke Senayan

Bambang Haryo Soekartono pernah menjadi Anggota DPR RI periode 2014-2019. Sempat duduk di Komisi IV dan V DPR RI. BHS dikenal sebagai anggota DPR RI yang vokal memperjuangkan kepentingan rakyat.

Vokalnya Bambang Haryo Soekartono dalam keberpihakkanya kepada kepentingan publik (aspirasi masyarakat red) saat menjadi Wakil Rakyat saat itu mendapuknya sebagai Anggota Parlemen yang aspiratif. 

Penghargaan diberikan kepada Bambang Haryo Soekarno dalam acara Penganugerahan Teropong Parlemen Award 2019 di Jakarta.

Kembalinya Bambang Haryo Soekartono ke Senayan tentu menjadi angin segar bagi masyarakat khususnya Dapil Jatim 1 (Sidoarjo-Surabaya). Kembali vokal dan menjadi singa podium dalam memperjuangkan hak dan nasib masyarakat kecil atau wong Cilik.

Hal itu diungkapkan Nanang Haromain Founder Institute Research Public Development (IRPD), menurutnya kiprah dan kepedulian Bambang Haryo Soekartono meski tidak menjabat di institusi publik atau pemerintahan sudah terbukti di masyarakat.

"Kiprah dan kepedulian Bambang Haryo Soekartono sangat tinggi bagi masyarakat khususnya di Sidoarjo. Bagaimana dia sangat memikirkan nasib petani yang jauh dari kata perhatian Pemerintah Daerah. Bagaimana Bambang Haryo memiliki kepedulian yang tinggi dalam masalah ketahanan pangan di Sidoarjo," kata Nanang

Nanang melanjutkan jika aksi nyata BHS dalam bersosial dimasyarakat, diharapkan terus menjadi motor saat BHS duduk di Legislatif DPR RI nanti.

"Kami sebagai warga Sidoarjo tentu berharap kepada Pak BHS dan 9 Wakil Rakyat lainnya dari Dapil Jatim 1, lebih mengakomodir kepentingan masyarakat Sidoarjo dan Surabaya. Lebih sering menyapa kebawah, sering menyerap aspirasi di masyarakat untuk diperjuangkan di tingkat pusat," harapnya.

"Masalah komplek di Dapil 1, utamanya masalah di Sidoarjo masuk dalam urusan Nasional, khususnya masalah Lapindo. Dan Kabupaten Sidoarjo sebagai Kabupaten Penyangga Ibu Kota Jatim (Surabaya red) tentu harus diperjuangkan kan oleh ke 10 orang wakil dari DPR RI Dapil Jatim 1 tersebut," sambung Nanang

Lebih jauh Nanang menegaskan pintu masuk Jawa Timur ada di Dapil 1 (Sidoarjo-Surabaya). 

"Jawa Timur itu kuncinya ya di Sidoarjo dan Surabaya, kalau wajah Dapil Jatim 1 ini cantik, kan tentu Jawa Timur akan cantik dalam segala bidang di tingkat Nasional," tegasnya.

Nanang berharap besar kepada BHS bersama Partai Gerindra sebagai salah satu Partai dengan suara terbanyak di parlemen pusat hingga daerah terus berkiprah dan menjadi penyambung semangat dimasyarakat.

"Berharap Pak BHS menjadi penyambung legislator ditingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk linier hingga tingkat pusat, termasuk dengan Presiden terpilih Pak Prabowo. Karena kebijakan-kebijakan Prabowo akan banyak diterjemahkan orang-orang yang duduk di DPR RI, DPR Provinsi dan DPR Kabupaten/Kota," jelasnya.

"Kita tidak meragukan lagi, apa yang sudah dilakukan Pak BHS untuk Kabupaten Sidoarjo. Saya menyakini di Senayan nanti beliau akan menjadi penyambung daerah ke pusat," pungkasnya.(*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES