Indonesia Positif

Dekranasda Morotai Dikukuhkan, Ini Harapan Ketua Harian Maluku Utara

Rabu, 03 April 2024 - 15:25 | 11.73k
Suasana bersama usai pengukuhan pengurus Dekranasda Morotai masa bakti 2024-2029, Rabu (3/3/2024). (Foto: Munces For TIMES Indonesia)
Suasana bersama usai pengukuhan pengurus Dekranasda Morotai masa bakti 2024-2029, Rabu (3/3/2024). (Foto: Munces For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MOROTAI – Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Morotai masa bakti 2024-2029 dikukuhkan. Pengukuhan dilakukan oleh Ketua Harian Dekranasda Provinsi Maluku Utara, Muttiara T Yasin.

Berlangsung di Lantai II Aula Utama Kantor Bupati Pemkab, Rabu (3/4/2024), pengukuhan dihadiri langsung oleh Plt Gubernur Maluku Utara M Al Yasin Ali dan Pj Bupati Morotai M Umar Ali beserta Forkopimda, para asisten serta pimpinan OPD lingkup Pemkab Morotai.

Ketua Harian Dekranasda Provinsi Maluku Utara, Muttiara T Yasin mengatakan,
Dekranasda adalah lembaga otonom dengan visi menjadi organisasi andal dalam mendukung kemandirian ekonomi masyarakat Morotai sekaligus membawa nama besar kemandirian ekonomi Indonesia.

"Saya berharap kepada bapak-ibu semua agar dalam menjalankan roda organisasi hendaknya senantiasa berkomitmen dan bertanggungjawab sesuai perannya masing-masing," ungkapnya.

Ia mengajak agar para pengurus serius dalam menjalankan amanah organisasi,
menciptakan dan menumbuhkan wirausaha baru industri kerajinan yang unggul, dengan melakukan promosi online dan offline, serta menjadi motor penggerak ekspor kerajinan berbasis kearifan lokal di bawah binaan Disperindag Provinsi Maluku Utara.

Menurut Mutiara, kepengurusan yang terbentuk untuk misi kerakyatan pada hakikatnya adalah sebuah pengakuan atas komitmen personal yang terhimpun dalam komitmen kolektif untuk
bekerja secara profesional dan konsisten dalam bingkai tatanan sosial.

"Untuk mendukung peningkatan ekonomi masyarakat dan meningkatkan kualitas produk-produk kearifan lokal agar mampu bersaing dengan produk-produk lainnya, sehingga berdampak kepada pendapatan Kabupaten Morotai pada khususnya dan Maluku Utara pada umumnya," terangnya.

Perlu kita ketahui, kata Mutiara, bahwa cita-cita luhur yang kita emban tentunya bukanlah hal mudah untuk direalisasikan, dikarenakan dibutuhkan kerja sama dan kekuatan organisasi yang kuat untuk turun dalam melakukan pembinaan di tengah masyarakat.

Oleh karena itu, Dekranasda Kabupaten Marotai harus menjalin dan meningkatkan komunikasi dan sinergitas yang kuat sehingga terjadi kolaborasi yang andal dalam menciptakan kesamaan persepsi dan meminimalisir perbedaan menuju kerja-kerja yang efisien dan efektif dalam menjalankan misi bersama.

Misi tersebut diantaranya menyiapkan generasi sumber daya manusia atau perajin yang unggul dapat menggali, melestarikan dan mengembangkan warisan tradisi dan budayabangsa.

Meningkatkan daya saing produk kerajinan berbasis kearifan lokal dengan selera global melalui pengembangan inovasi, kreativitas, dan efisiensi.
Selain itu, Dekranasda Morotai juga dituntut untuk meningkatkan hubungan kemitraan dan kerja sama dengan lembaga nasional dan internasional di bidang industri kerajinan. (d)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES