Indonesia Positif

Patut Ditiru, Kades di Jember Ini Ajak Ratusan Anak Yatim Belanja Baju Lebaran Gratis

Sabtu, 06 April 2024 - 17:46 | 14.58k
Kades Sidomulyo Kamiludin mendampingi anak yatim belanja baju lebaran gratis. (M. Abdul Basid/TIMES Indonesia)
Kades Sidomulyo Kamiludin mendampingi anak yatim belanja baju lebaran gratis. (M. Abdul Basid/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Menjelang hari raya Idulfitri atau lebaran, hal baik yang dilakukan oleh seseorang terus bermunculan. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Kamiludin.

Pria yang juga seorang Kepala Desa (Kades) Sidomulyo, Kabupaten Jember, Jawa Timur (Jatim) tersebut mengajak 127 anak yatim piatu untuk berbelanja baju lebaran di salah satu pusat perbelanjaan pakaian ternama di Kota Jember.

Ratusan anak yatim tersebut diajak untuk memilih sendiri baju lebaran yang mereka inginkan secara cuma-cuma alias gratis.

Belanja baju oleh anak yatim tersebut ditanggung sepenuhnya oleh anggaran desa, yakni dari Tanah Kas Desa (TKD).

Kamiludin mengatakan bahwa kegiatan tersebut sudah dilakukan selama tiga kali lebaran dan menjadi program unggulan desa yang menggunakan anggaran TKD.

"Hari ini adalah tahun ketiga kami melaksanakan program rutinitas tahunan yaitu THR baju lebaran gratis untuk anak yatim piatu," kata Kamiludin saat mendampingi anak-anak yatim piatu berbelanja baju lebaran di Nico Jember, Sabtu (6/4/2024).

Pria yang akrab disapa Mas Kamil itu berharap kegiatan tersebut dapat membawa kebahagiaan kepada anak-anak yatim menjelang hari raya.

"Hari ini kami membawa 127 anak dan kami juga punya program tabungan pendidikan anak yatim. Dan yang ketiga adalah usaha produktif anak yatim," jelasnya.

Kamiludin juga menjelaskan alasan dirinya menjadikan belanja baju lebaran gratis kepada anak yatim sebagai program TKD.

Menurutnya, anak yatim khususnya dari kalangan miskin kerap bersedih menjelang lebaran karena tidak mampu membeli baju baru seperti anak-anak seusianya.

"Kami juga pernah mengalami menjadi anak yatim dan saya bahkan merasakan betul. Jadi, menjelang hari raya tentu hatinya anak-anak yatim ini penuh harapan. Kemudian kami punya program, kami wujudkan THR baju lebaran," kenangnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES