Indonesia Positif

BAZNAS Samarinda Salurkan 5000 Paket Sembako untuk Mustahik di Penghujung Ramadan

Selasa, 09 April 2024 - 10:39 | 22.02k
Wali Kota Samarinda, Andi Harun, didampingi Ketua BAZNAS Samarinda, Widyasmoro Eko Prawito menyerahkan paket sembako (Foto: Axel/TIMES Indonesia)
Wali Kota Samarinda, Andi Harun, didampingi Ketua BAZNAS Samarinda, Widyasmoro Eko Prawito menyerahkan paket sembako (Foto: Axel/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SAMARINDA – Badan Amil Zakat Nasional Kota Samarinda (BAZNAS Samarinda) telah menggelar kegiatan penyelenggaraan buka puasa bersama sekaligus menyalurkan 5000 paket sembako untuk mustahik di Masjid Raya Darussalam pada Senin (8/4/2024).

Ketua BAZNAS Samarinda, Widyasmoro Eko Prawito, menjelaskan bahwa dalam rangka Program Ramadan Bahagia tahun 2024, pihaknya berhasil menyalurkan 5000 paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan, meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 4000 paket. 

Paket sembako ini terdiri dari beras, minyak goreng, gula, tepung terigu, mie instan dan bahan pokok lainnya. Widyasmoro juga menggarisbawahi pentingnya dukungan dari pemerintah setempat untuk memastikan seluruh zakat, infaq, dan sedekah ASN di Kota Samarinda dapat disalurkan ke BAZNAS Samarinda.

"Program program kami telah banyak diantaranya 4 program konsumtif dan 1 program produktif maka kami perlu dukungan penuh dari walikota samarinda agar seluruh zakat infaq dan sedekah seluruh ASN di kota Samarinda dapat disalurkan ke BAZNAS Samarinda," ujar Widyasmoro

Dalam konteks potensi zakat, infaq, dan sedekah di Samarinda, Widyasmoro menambahkan, Kota Samarinda bukan hanya kota peradaban, tetapi juga kota jasa, sehingga potensi zakat, infaq, dan sedekahnya sangat besar, mencapai kurang lebih 40 miliar per tahun. 

Dirinya meminta Wali Kota Samarinda untuk mendorong perusahaan yang ada di Samarinda untuk menyalurkan CSR hingga zakat infaq dan sedekahnya melalui BAZNAS Samarinda.

"Kami meminta dukungan penuh dari Wali Kota Samarinda untuk mendorong seluruh pemilik perusahaan swasta di kota ini untuk menyalurkan zakat, infaq, dan sedekahnya kepada BAZNAS Samarinda," ungkap Widyasmoro.

Wali Kota Samarinda, Andi Harun, memberikan apresiasi tinggi terhadap langkah BAZNAS Samarinda dalam menyalurkan bantuan kepada masyarakat. menurutnya BAZNAS Samarinda merupakan salah satu yang paling aktif terutama dalam penyaluran.

"BAZNAS Kota Samarinda ini tergolong sangat aktif tidak hanya mengumpulkan zakat, namun juga sangat rutin sekali menyalurkannya ke masyarakat yang membutuhkan," ungkap Andi Harun.

Andi Harun berharap bantuan yang diberikan dapat tepat sasaran dan membantu mengentaskan kemiskinan di Kota Samarinda. "Kehadiran BAZNAS Samarinda telah turut berpengaruh secara langsung terhadap kesejahteraan masyarakat di Kota Samarinda," kata Andi Harun.

Menyoroti kebijakan pengelolaan zakat, infaq, dan sedekah, Andi Harun menegaskan, bahwa hanya memperbolehkan lembaga Amil Zakat yang sudah terverifikasi, untuk memastikan bahwa dana yang telah diberikan dapat tersalurkan dengan baik.

"Kami hanya memperbolehkan lembaga yang sudah diverifikasi untuk menyalurkan bantuan, guna memastikan bahwa bantuan tersebut sampai kepada yang berhak menerimanya," lanjutnya.

Dia juga berharap bahwa kegiatan ini dapat memotivasi masyarakat untuk menyalurkan zakat, infaq, dan sedekahnya melalui BAZNAS Samarinda, sebagai lembaga resmi yang dapat menjamin keamanan dan keamanahan dari pembayar zakat hingga penerima manfaat.

"Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Samarinda agar zakat, infaq, dan sedekahnya disalurkan melalui lembaga resmi, yakni BAZNAS Samarinda, karena sudah terjamin amanah dari pembayar zakat akan sampai kepada yang berhak menerimanya," tegas Andi Harun.

Kegiatan ini menjadi salah satu bentuk kepedulian BAZNAS Samarinda terhadap masyarakat kurang mampu di bulan Ramadan. Diharapkan dengan digelarnya kegiatan ini, dapat memicu semangat berbagi dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat di Kota Samarinda. (d)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES