Indonesia Positif

Amankan Liburan Lebaran, Polres Malang Fokuskan Personel di Lokasi Strategis

Jumat, 12 April 2024 - 16:40 | 17.31k
Petugas polisi dan personel gabungan di sela pengamanan lokasi wisata liburan Lebaran di salah satu tempat wisata pantai di Kabupaten Malang, Jum'at (12/4/2024). (Foto Humas Polres)
Petugas polisi dan personel gabungan di sela pengamanan lokasi wisata liburan Lebaran di salah satu tempat wisata pantai di Kabupaten Malang, Jum'at (12/4/2024). (Foto Humas Polres)

TIMESINDONESIA, MALANGPolres Malang memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di masa libur panjang Lebaran dan ini. Ini dilakukan dengan menggelar patroli dan pengamanan, di sejumlah titik strategis sekitaran lokasi wisata di Kabupaten Malang. 

"Peningkatan patroli dilakukan dengan penempatan personel polisi di lokasi-lokasi strategis di sepanjang wilayah Malang yang dikenal sebagai tujuan liburan favorit," demikian Kasihumas Polres Malang, Ipda Dicka Ermantara, dalam keterangan pers, Jum'at (12/4/2024). 

Selain itu, lanjutnya, Polres Malang juga akan meningkatkan kerja sama dengan pihak pengelola tempat wisata, guna meningkatkan efektivitas pengamanan.

Beberapa lokasi wisata yang menjadi fokus pengamanan Polres Malang dan Polsek jajaran, terang Ipda Dicka, adalah pantai-pantai di Malang Selatan, diantaranya Pantai Balekambang, Kondang Merak, dan Pantai Teluk Asmara. 

Selain itu, pengamanan juga dilakukan di objek wisata wilayah lain, seperti di wilayah Kebun Teh Singosari, Hawai Waterpark, Sengkaling Dau, Wendit Pakis, dan Lembah Indah Ngajum.

"Selain melakukan patroli, anggota kepolisian juga aktif berkomunikasi dengan pengunjung wisata, untuk meningkatkan kesadaran akan keamanan. Personel kita selalu mengimbau kepada pengunjung untuk berhati-hati ketika menikmati liburan di tempat wisata setempat," tandas Ipda Dicka.

Pihaknya juga mengonfirmasi, selama libur Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, arus kunjungan masyarakat ke sejumlah titik wisata di daerah setempat berjalan lancar, tanpa adanya gangguan keamanan. 

Dari hasil pemantauan anggota di lokasi wisata, menurutnya tidak terjadi gangguan kamtibmas, juga hal-hal yang dikhawatirkan sebelumnya.

“Kami berkomitmen untuk memberikan perlindungan dan pelayanan yang optimal bagi masyarakat, terutama dalam situasi yang membutuhkan pengawasan ketat seperti saat liburan Lebaran,” kata Ipda Dicka. 

Meskipun terjadi peningkatan jumlah wisatawan, menurutnya tidak terjadi penumpukan arus lalu lintas di sekitar lokasi wisata yang menjadi tujuan liburan warga. 

"Pengaturan jalur menuju lokasi wisata juga dikoordinasikan oleh tim gabungan dalam Operasi Ketupat Semeru 2024, yang siaga berjaga-jaga di pos pelayanan yang berdekatan dengan objek wisata tersebut," tandasnya. 

Masa liburan panjang Lebaran ini, diharapkan dapat berlangsung dengan aman dan nyaman bagi seluruh pengunjung wisata di Kabupaten Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES