Indonesia Positif

Wali Kota Samarinda Andi Harun: Mempererat Silaturahmi dengan Halal Bihalal

Rabu, 17 April 2024 - 20:32 | 11.75k
Wali Kota Samarinda, Andi Harun, memberikan sambutan (Foto ist/TIMES Indonesia)
Wali Kota Samarinda, Andi Harun, memberikan sambutan (Foto ist/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SAMARINDAWali Kota Samarinda Andi Harun mengajak seluruh jajaran pemerintah dan mengajak semua untuk saling memberikan maaf kepada satu dengan yang lain dan terus mempererat silaturahmi dalam acara Halal bihalal Idul Fitri 1445 Hijriah.

Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda menggelar acara Halal bihalal di Lapangan Parkir Balai Kota Samarinda. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi antarpegawai dan jajaran Pemkot Samarinda pada hari Selasa, 16 April 2024, pukul 10.00 WITA.

"Demi terciptanya kerja sama yang lebih baik dalam membangun kota Samarinda," ujar Andi Harun.

Agenda halal bihalal ini dilakukan untuk mengingatkan dan saling bermaaf-maafan seluruh perangkat pegawai pemerintah kotaSamarinda yang belum sempat bertemu pada 1 Syawal.

"Acara ini sebagai penyempurna ibadah puasa sebulan penuh bagi Islam dirangkai dengan Idulfitri, dalam rangka melepas beban personal antara satu dan lain kita maka di dilaksanakan halal bihalal," ujar Andi Harun.

Tradisi halal bihalal yang positif harus selalu dijaga, walaupun terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama terhadap halal bihalal.

“Halal bihalal digagas KH Wahab Hasbullah, karena adanya renggangnya hubungan Presiden Soekarno dengan partai di luar pemerintahan, kemudian meminta saran kepada ulama agar silaturahmi bisa terhubung, silaturahim sudah umum lalu tercetus istilah halal bihalal,” terang Andi Harun.

Wali Kota Samarinda menjelaskan bahwa istilah halal bihalal yang dikutip dari Prof Quraish Shihab mengacu pada halal bihalal yang mencairkan yang beku atau melepaskan. Andi Harun meminta semua orang untuk memberikan maaf kepada satu sama lain.

“Hari ini kita akan saling mengikhlaskan sehingga tidak ada persoalan di hati, yang ada hanya seperti istilah di fatul Makkah, hari kasih sayang. Kita semua melepaskan dari belenggu personal kita, yang pernah entah sebab apapun itu, lantas ada jarak. Walaupun mungkin fisik bertemu tapi secara hati kita berjarak atas persoalan itu,” pungkasnya.

Pemerintah Kota Samarinda dan tamu undangan lainnya berbagi ucapan salam, maaf, dan cerita dalam suasana yang ramah di acara Halal bihalal. Suasana kekeluargaan dan keakraban menggembungkan kegiatan tersebut.

Pemerintah Kota berharap bahwa kegiatan ini akan menjadi momentum untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan antarjajaran Pemerintah Kota.

Dengan semangat kekeluargaan dan saling memaafkan, diharapkan kinerja Pemerintah Kota Samarinda akan semakin baik dan optimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Selain Wali Kota, kegiatan yang diselenggarakan oleh Sekretariat Daerah (Setda) Kota Samarinda juga dihadiri oleh para asisten, staf ahli, kepala organisasi perangkat daerah, serta Tim Wali Kota untuk Akselerasi Pembangunan (TWAP).

Turut hadir pula Direktur BUMD, Kepala Bagian di Setda Kota Samarinda, Sekretariat DPRD Kota Samarinda, Camat dan Lurah se-Samarinda, serta seluruh pejabat struktural dan fungsional penyetaraan. (adv)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES