Indonesia Positif

HMPS Bimbingan dan Konseling UNIPMA Gelar Kampung Ramadan di Kanzul Ulum Kota Madiun

Jumat, 19 April 2024 - 10:40 | 12.17k
Pemberian dana infaq kepada Panti Asuhan Kanzul Ulum Kota Madiun. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)
Pemberian dana infaq kepada Panti Asuhan Kanzul Ulum Kota Madiun. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Kegiatan kampung Ramadan merupakan salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling (HIMABIKO) dan bekerja sama dengan Program Studi Bimbingan dan Konseling UNIPMA (Universitas PGRI Madiun). Bentuk dari kegiatan ini adalah bhakti sosial yang di dalamnya terdapat pemberian santunan berupa alat tulis dan juga sharing session oleh Drs. Ibnu Mahmudi, M.M, dosen Program Studi Bimbingan dan Konseling. Kegiatan ini dilaksanakan di Panti Asuhan Kanzul Ulum Kota Madiun pada Kamis, (4/4/2024).

Dalam pelaksanaanya diawali dengan pengumpulan dana infaq seminggu sebelum pelaksanaan kegiatan oleh seluruh keluarga besar Program Studi Bimbingan dan Konseling baik dari mahasiswa aktif semester 2, 4, 6, 8 maupun dosen. 

kampung-ramadan.jpg

Pada hari pelaksanaan tepatnya setelah melaksanakan shalat Ashar berjamaah, panitia beserta anak panti asuhan berkumpul pada satu ruang kelas untuk melaksankan kegiatan. 

Acara dimulai dengan kegiatan sharing session mengenai tema kegiatan Tebarkan Manfaat Wujudkan Generasi Milenial Bermartabat. Drs. Ibnu Mahmudi, M.M. menyampaikan terkait sikap serta karakter generasi milenial yang kian tergerus zaman ditambah dengan adanya digitalisasi yang mempercepat perubahan tersebut. 

kampung-ramadhan.jpg

Dalam sesi ini, dua mengingatkan untuk mawas diri terhadap keburukan yang dapat terjadi pada generasi penerus seperti tindak kejahatan, kekerasan, serta pelecehan seksual. Beliau juga menambahkan untuk tidak diam ketika melihat keburukan tersebut terjadi di lingkungan sekitar terutama di dalam tempat untuk menuntut ilmu. Setelah selesai kegiatan, sharing session ini kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian santunan berupa alat tulis sekolah secara simbolik kepada salah satu anak panti asuhan. Sebelum mengakhiri acara kami tutup kegiatan  dengan melaksanakan doa bersama. 

Kegiatan ini dilakukan dengan maksud untuk melatih kepedulian terhadap sesama dengan menyisihkan sebagian harta sebagai infaq yang nantinya akan dipakai dalam memenuhi sebagian kebutuhan anak-anak yang ada di panti asuhan. Selain itu, pelaksanaan kegiatan ini juga sebagai wujud dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Unipma Madiun dalam memberikan pelayanan terhadap kebutuhan masyarakat terutama di Panti Asuhan Kanzul Ulum Kota Madiun. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES