Indonesia Positif

Mahasiswa Teknik Industri UNIPMA Isi Program Kelas Sahabat Radio Suara Madiun

Selasa, 23 April 2024 - 09:27 | 11.87k
Aldiana Septia Trianita, mahasiswa semester 4 Prodi Teknik Industri UNIPMA. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)
Aldiana Septia Trianita, mahasiswa semester 4 Prodi Teknik Industri UNIPMA. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Aldiana Septia Trianita, mahasiswa semester 4 Program Studi Teknik Industri UNIPMA Madiun (Universitas PGRI Madiun) mengisi acara program Kelas Sahabat LPPL Radio Suara Madiun pada Kamis (18/4/2024).

Acara program Kelas Sahabat yang dipandu penyiar Radio Suara Madiun ini bertujuan untuk menginspirasi para pendengar setia Suara Madiun. Dalam dialog interaktif tersebut, Aldiana membawakan materi salah satu mata kuliah yang diajarkan di Prodi Teknik Industri yaitu PPC (Production Planning and Control).

Aldiana menjelaskan PPC adalah proses untuk merencanakan dan mengendalikan aliran material yang masuk, mengalir, dan keluar dari sistem produksi sehingga permintaan pasar dapat dipenuhi dengan jumlah yang tepat, waktu penyerahan yang tepat, dan biaya produksi yang minimum.

Dia juga menambahkan bahwa pekerjaan yang terkandung dalam PPC secara garis besar dapat dibedakan menjadi dua hal yang saling berkaitan, yaitu Perencanaan Produksi dan Pengendalian Produksi. Perencanaan Produksi dilakukan dengan tujuan menentukan arah awal dari tindakan-tindakan yang harus dilakukan di masa mendatang, mengenai apa, seberapa banyak, dan kapan harus dilakukan. 

penyiar-radio.jpgAldiana Septia Trianita bersama penyiar radio Suara Madiun. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)

“Karena perencanaan itu berkaitan dengan masa mendatang, maka perencanaan disusun atas dasar perkiraan yang dibuat berdasarkan data masa lalu dengan menggunakan beberapa asumsi. Oleh karena itu perencanaan tidak akan selalu memberikan hasil sebagaimana yang diharapkan dalam rencana tersebut, sehingga setiap perencanaan yang dibuat harus dievaluasi secara berkala dengan jalan melakukan pengendalian,” paparnya.

Kegiatan ini selain media dalam mengenal lebih dalam tentang Program Studi Teknik Industri lewat sesama mahasiswa, juga memberikan insight untuk calon mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan tinggi di UNIPMA Madiun (Universitas PGRI Madiun) khususnya Program Studi Teknik Industri.

Informasi seputar UNIPMA Madiun bisa mengunjungi link https://unipma.ac.id/  dan Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru bisa mengunjungi link https://pmb.unipma.ac.id/. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES