Indonesia Positif

Wabup Danang Ajak Wartawan Mancing, Syawalan Sekaligus Angkat Potensi Ikan Air Tawar di Sleman

Selasa, 23 April 2024 - 17:23 | 9.97k
Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa menghadiri syawalan yang dikemas dalam kegiatan mancing bersama PWI Sleman pada Selasa, (23/4/2024) di Pemancingan Sendang Sombomerti, Maguwoharjo Depok. (Foto: Dok. Prokopim)
Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa menghadiri syawalan yang dikemas dalam kegiatan mancing bersama PWI Sleman pada Selasa, (23/4/2024) di Pemancingan Sendang Sombomerti, Maguwoharjo Depok. (Foto: Dok. Prokopim)

TIMESINDONESIA, SLEMAN – Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa menghadiri syawalan yang dikemas dalam kegiatan mancing bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sleman pada Selasa, (23/4/2024) di Pemancingan Sendang Sombomerti, Maguwoharjo Depok.

Acara tersebut merupakan kolaborasi antara Pemkab Sleman melalui Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan, Bank BPD DIY dan PWI Sleman.

Danang mengapresiasi penyelenggaraan acara ini. Menurutnya syawalan yang dikemas dalam kegiatan mancing ini dapat mempererat tali ukhuwah islamiah, serta mengangkat potensi ikan air tawar di Sleman.

“Kabupaten Sleman memiliki wilayah yang potensial untuk mengembangkan budidaya perikanan yang efisien dan mampu berdaya saing, mandiri dan berkelanjutan. Contohnya di Sendang Sombomerti ini. Dengan air yang jernih dan bagus tentu ikan yang dibudidayakan menjadi sehat dan layak konsumsi tentunya,” jelasnya

Selain itu dalam kesempatan tersebut Danang Maharsa menuturkan, hingga 2024 terdapat 729 kelompok pembudidaya ikan di Sleman.

Sementara untuk produksi ikan konsumsi pada 2023 mencapai sebanyak 55.045,57 ton. Angka tersebut mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, yaitu 54.968,63 ton.

Danang menyampaikan peningkatan jumlah produksi ini berkat pemanfaatan perkembangan teknologi budidaya perikanan yang diimplementasikan kelompok pembudidaya ikan (KPI) di Sleman. Di antaranya KPI Sombomerti.

Adapun metode yang digunakan antara lain metode minapadi, budidaya nila dengan kincir, dan budidaya sistem bioflok.

“Saya harap dapat memberikan dukungan dan terus melakukan peningkatan untuk menyukseskan pembangunan di bidang perikanan di Kabupaten Sleman,” ujar Danang Maharsa. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES