Indonesia Positif

Polbangtan Malang Berupaya Tingkatkan Pembangunan Pertanian dalam Seminar Proposal Penelitian

Rabu, 24 April 2024 - 18:34 | 54.07k
Seminar Proposal Penelitian Tahun 2024. (Foto: Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)
Seminar Proposal Penelitian Tahun 2024. (Foto: Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Bahwa dalam rangka pelaksanaan Kegiatan Penelitian Tahun 2024 di Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan Malang), Kementerian Pertanian sebagai bentuk implementasi Tri darma perguruan tinggi. Polbangtan Malang mengadakan Seminar Proposal Penelitian Tahun 2024 yang dihadiri oleh puluhan dosen Polbangtan Malang, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Perencana, dan Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UPPM) beserta jajarannya.

Acara ini membahas usulan kegiatan penelitian untuk Tahun Anggaran 2024 dan berlangsung di ruang sidang Polbangtan Malang pada Selasa dan Rabu, 23-24 April 2024.

Selain dihadiri oleh dosen Polbangtan Malang, seminar ini juga dihadiri oleh Peneliti Senior dari Pusat Riset Ekonomi Makro dan Keuangan, BRIN, Dr. Ir. Herman Subagio MS, yang memiliki keahlian dalam Sistem Usaha Pertanian dan Kebijakan Pertanian. Dr. Ir. Catur Hermanto, M.P., Peneliti Ahli Utama dari Pusat Riset Hortikultura - BRIN, juga hadir sebagai reviewer proposal penelitian bagi dosen Polbangtan Malang.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan bahwa penelitian memiliki peran krusial pada pembangunan pertanian. Menurutnya, penelitian bisa menjadi kunci dalam menjawab berbagai tantangan yang dihadapi sektor pertanian, baik di masa kini maupun masa depan. 
“Penelitian pertanian di Indonesia memiliki peran krusial dalam menghadapi tantangan masa kini dan masa depan, baik dalam hal pangan, lingkungan, maupun kesejahteraan Masyarakat.

Seminar-Proposal-2.jpg

Sementara itu Kepala BPPSDMP Kementan Dedi Nursyamsi menekankan bahwa SDM pertanian mulai dari petani, penyuluh tak terkecuali dosen dan tenaga pendidik harus terus meng-update ilmunya, update pengalaman, upgrade kapasitas hingga menjadi andal dan profesional. 

“Dosen merupakan pendidik profesional yang memiliki tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Boleh dikatakan, dosen merupakan ujung tombak suatu perguruan tinggi,” kata Dedi Nursyamsi menambahkan.

Direktur Polbangtan Malang Dr. Ir. Setya Budhi Udrayana, S.pt., M.Si., IPM. memberikan sambutan dalam acara Seminar Proposal Penelitian Tahun 2024. Dalam sambutannya, Direktur Polbangtan Malang mengungkapkan pentingnya kegiatan penelitian dalam mendukung perkembangan pertanian dan pengabdian kepada masyarakat. Beliau menekankan pentingnya kolaborasi antara dosen, peneliti, dan pihak terkait untuk menghasilkan penelitian yang berkualitas dan bermanfaat bagi sektor pertanian dan masyarakat. Ada sekitar 9 Tim dosen yang akan mempresentasikan proposal penelitiannya dalam acara yang digelar selama dua hari ini. Diharapkan acara Seminar Proposal Penelitian Tahun 2024 ini menjadi momentum penting bagi Polbangtan Malang untuk terus meningkatkan kualitas penelitian dan kontribusinya terhadap pembangunan pertanian dan kesejahteraan masyarakat.

Direktur juga mengapresiasi kehadiran Dr. Ir. Herman Subagio MS dan Dr. Ir. Catur Hermanto, M.P., sebagai reviewer proposal penelitian bagi dosen Polbangtan Malang. Kehadiran mereka memberikan nilai tambah yang signifikan dalam penilaian dan pengembangan proposal penelitian. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES