Indonesia Positif Universitas Islam Malang

P2BA-BIPA Sukses Gelar TTE-USE di FIA Unisma Malang Untuk Sekian Kalinya

Jumat, 26 April 2024 - 10:13 | 8.53k
Tutor Sonny Elfiyanto, Ph.D, saat menjelaskan materi kepada peserta Tea Time English-Unisma Speak English. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Tutor Sonny Elfiyanto, Ph.D, saat menjelaskan materi kepada peserta Tea Time English-Unisma Speak English. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Unisma Malang kembali menjadi tuan rumah program rutin P2BA-BIPA dalam kegiatan TTE-USE (Tea Time English-Unisma Speak English) yang dilaksanakan mulai tanggal 06-26 Maret 2024. Kegiatan kali ini dilaksanakan secara tatap muka berbeda dengan tahun sebelumnya.

Beberapa topik yang diangkat seputar Asking and Giving Directions, Giving Arguments, Outlining Generating Ideas and Structuring Presentation, Presenting at the International Conference dan dilanjutkan dengan praktik presentasi di pertemuan akhir.

Kegiatan yang digawangi oleh Dr. Kurniasih, M.Pd., selaku Kepala P2BA&BIPA, serta Ika Hidayanti, M.Pd (Koordinator Divisi Pengembangan Bahasa Inggris) juga menggandeng Dosen  handal dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Sonny Elfiyanto, Ph.D serta Noni Mia, M.Pd, selaku Dosen dari Fakultas Ilmu Administrasi.

Kegiatan ini dibuat epic dengan style pengajar yang santai dan humoris sehingga mampu membawa suasana menjadi lebih kooperatif dan menyenangkan. Keterampilan serta kemampuan para tutor tidak diragukan lagi bisa mengajak para Dosen dan karyawan FIA aktif mengikuti kegiatan ini. Mereka sukses mengembangkan rasa percaya diri para peserta untuk aktif melakukan praktik berbicara menggunakan Bahasa Inggris.

Salah satu Tutor jebolan Hiroshima University yang identic dengan style pengajaran yang fun, Sonny Elfiyanto, Ph.D, ini mampu membuat decak kagum Dr. Hj. Rini Rahayu Kurniati, M.Si, selaku Dekan FIA yang selalu aktif selama kegiatan TTE-USE berlangsung. Selain itu, para Tutor lainnya juga mengikuti kegiatan dengan antusias dan saling melengkapi dalam kegiatan ini dan mengawal para peserta dalam praktik berbahasa Inggris.

Dekan-FIA-Unisma.jpg

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Pertemuan pertama diawali dengan topik seputar kegiatan sehari-hari yaitu Asking and Giving Directions. Pada pembelajarannya, kegiatan diawali dengan permainan sederhana, selanjutnya diberikan beberapa kosa kata seputar topik dan dilanjutkan dengan melakukan praktik berdialog dan berbicara dalam Bahasa Inggris. Alasan memilih topik ini karena ingin membekali para peserta dengan kemampuan berdialog dalam Bahasa Inggris seputar topik terutama ketika mereka berada di luar negeri. Hal ini juga mengingat bahwa para sivitas akademika FIA pernah melakukan kunjungan ke luar negeri dan program kunjungan kampus luar negeri selanjutnya.

“Enjoy to study,” ungkap Dekan FIA ini menggambarkan semangat beliau yang tidak diragukan lagi dan selalu aktif mengikuti tiap pertemuan dan mengharuskan para Dosen dan karyawan mengikuti kegiatan ini. Dengan semangatnya yang luar biasa, yang juga merupakan follow-up kegiatan ini, ia akan membuat program Friday English dimana tiap sivitas akademika di FIA diwajibkan berinteraksi dalam Bahasa Inggris. Program ini tentunya disambut antusias oleh para peserta yang mengikuti waktu itu. Selain itu, program ini diharapkan dapat menginternasionalisasikan beberapa program studi yang digawanginya, terutama program studi Ilmu Administrasi Publik yang sudah terakreditasi FIBAA.

Testimoni peserta juga menunjukkan respon yang positif dengan adanya kegiatan TTE-USE ini dan berharap bisa di perpanjang waktu pelaksanaannya sehingga bisa menambah topik topik yang lebih aplikatif dan menunjang dalam dunia akademik. “Situasi yang menyenangkan dan melibatkan peserta secara aktif,” ungkap Dr. Sri Nuringwahyu, M. Si, salah satu Dosen FIA.

Selanjutnya dengan status akreditasi internasional FIBAA ini, FIA berharap bisa tambah mengembangkan ketrampilan berbahasa Inggris para civitas akademika serta mahasiswa dan mendukung kemajuan mereka di kanca internasional. Sehubungan dengan hal ini, FIA berharap dapat berkontribusi maksimal untuk mendukung milestone Unisma menjadi World Class University. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES