Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Mahasiswa Unisma Malang Sukses Publikasi di Jurnal Internasional Terindeks Scopus

Jumat, 26 April 2024 - 10:36 | 22.90k
M. Galuh Elga Romadhon, Mahasiswa Unisma Malang yang berhasil hasil penelitiannya terindeks Scopus. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
M. Galuh Elga Romadhon, Mahasiswa Unisma Malang yang berhasil hasil penelitiannya terindeks Scopus. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Mahasiswa Unisma Malang kembali menorehkan prestasi gemilang. M. Galuh Elga Romadhon yang saat ini tercatat sebagai mahasiswa S-2 Pendidikan Bahasa Inggris UNISMA sukses menerbitkan hasil penelitiannya di jurnal internasional bereputasi (terindeks Scopus) yang ditulis bersama dua dosen UNISMA, yaitu Dr. Dzulfikri dan M. Faruq Ubaidillah, M.Pd.

Hasil kerja penelitian ini berhasil terbit berkat kedisiplinan tinggi dan arahan dari dosen pembimbing mata kuliah penulisan riset dan publikasi jurnal internasional. Ini membuktikan bahwa kualitas dosen UNISMA dalam hal   penelitian dan publikasinya di jurnal ilmiah dapat mempengaruhi prestasi mahasiswa.

Ketika diwawancarai, Galuh, sapaan akrabnya, menceritakan awal mula ia tertarik untuk melakukan penelitian dan menuliskan hasilnya untuk kemudian dipublikasikan di jurnal internasional bereputasi. “Saya dulu awal tertarik itu sejak di S-1 UNISMA ada mata kuliah writing. Disitu dosennya sangat bagus menjelaskan materi dan membuat saya termotivasi untuk menulis publikasi ilmiah di level SINTA. Ketika lanjut S-2 pun, saya menjadi lebih tertantang karena diajar oleh para dosen yang karya-karyanya terbit di jurnal yang bagus. Dosen saya banyak berkata bahwa yang penting adalah menulis dengan baik, adapun terbit itu hanya bonus,” jelasnya.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Hasil ini membuktikan bahwa SDM dosen di UNISMA dapat diandalkan utnuk membimbing mahasiswa dalam melakukan penelitian dan mempublikasikan hasilnya di jurnal internasional bereputasi.

Hasil penelitian Galuh yang berjudul “Non-English Major Teachers’ Experiences of Teaching English for Young Learners (TEYL): A Phenomenological Study” itu terbit di LLT Journal pada Volume 27 No. 1, April 2024 (terindeks oleh Scopus Q4) setelah melalui proses peer review yang ketat sebanyak empat kali sejak pertama kali submit pada bulan Agustus 2023.

Awalnya, major revision diberikan oleh Editor yang kemudian diikuti oleh minor revision hingga masuk pada tahap accept submission. Proses ini berjalan kurang lebih sembilan bulan lamanya.

Publikasi bereputasi ini juga menjadi kontribusi yang positif bagi UNISMA dalam kinerjanya untuk menjadi World Class University (WCU). Dalam setiap evaluasi prestasi dosen dan mahasiswa, Rektor UNISMA selalu memotivasi seluruh sivitas akademika UNISMA untuk melakukan lompatan-lompatan out of the box supaya target menjadi universitas kelas dunia dapat tercapai dengan baik.

Salah satu dari lompatan tersebut adalah dosen dan mahasiswa berkolaborasi menghasilkan penelitian yang bagus dan berhasil diterbitkan di jurnal-jurnal internasional bereputasi. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES