Indonesia Positif

Jadi Mitra PT Bumisari, Puluhan Emak-Emak Desa Pakel Banyuwangi Sumringah

Jumat, 26 April 2024 - 14:29 | 71.30k
Emak-emak di Desa Pakel, Kecamatan Licin, Banyuwangi, saat menerima taliasih dari perusahaan perkebunan PT Bumisari. (Foto : Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)
Emak-emak di Desa Pakel, Kecamatan Licin, Banyuwangi, saat menerima taliasih dari perusahaan perkebunan PT Bumisari. (Foto : Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Wajah puluhan emak-emak di Desa Pakel, Kecamatan Licin, Banyuwangi, Jawa Timur, terlihat sangat sumringah. Senyumnya terus merekah, nampak bahagia tak terkira.

"Seneng sekali pak," ucap dua orang emak-emak sambil berjalan meninggalkan Kantor Desa Pakel, Jumat (26/4/2024).

Ya, suka cita itu memang pantas terluapkan. Bagaimana tidak, hari ini mereka baru saja mendapatkan taliasih dari perusahaan perkebunan PT Bumisari Maju Sukses (PT Bumisari).

PT Bumisari adalah perusahaan perkebunan pemegang Sertifikat Hak Guna Usaha (HGU) yang membentang dari wilayah Desa Pakel, Kecamatan Licin, hingga Desa Bayu, Kecamatan Songgon.

Serah terima taliasih dilakukan di Kantor Desa Pakel. Dipimpin langsung Pelaksana Jabatan (Pj) Kepala Desa (Kades) Pakel, Sutikno. Disaksikan sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat serta jajaran Polresta Banyuwangi.

"Taliasih ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap masyarakat sekitar. Tidak perlu risau, seluruh warga Desa Pakel, yang bersedia menerima, tanpa ada paksaan, pasti diberi," katanya.

Dijelaskan pula, selain mendapat taliasih, warga juga berhak mendapatkan penghasilan dengan ikut bekerja merawat tanaman ditanah milik negara yang kini menjadi wilayah HGU perkebunan PT Bumisari. Warga pun diperbolehkan melakukan aktivitas pertanian tumpangsari dibawah tegakan atau dibawah tanaman.

"Dengan penghasilan yang bertambah, ekonomi masyarakat di Desa Pakel, tentunya makin sejahtera," bebernya.

PT-Bumisari-b.jpgWarga di Desa Pakel, Kecamatan Licin, Banyuwangi, saat menerima taliasih dari perusahaan perkebunan PT Bumisari. (Foto : Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)

Meski didominasi kaum hawa, sejumlah bapak-bapak terlihat ikut hadir menjadi penerima taliasih. Suparmo, salah satunya. Warga Dusun Krajan, Desa Pakel, tersebut mengaku senang dengan kebijakan perusahaan perkebunan PT Bumisari.

"Yang sudah lama kami tunggu ya seperti ini. Masyarakat bisa hidup rukun, tentram, damai dan nyaman," ucap Suparmo.

"Masyarakat harus menikmati keberadaan PT Bumisari," imbuhnya.

Serah terima taliasih dari PT Bumisari kepada kepada warga Desa Pakel, ini adalah kali kedua. Kegiatan pertama dilakukan pada Rabu malam (24/4/2024) ditempat yang sama dengan dihadiri puluhan penerima.

Untuk diketahui, serah terima taliasih yang merupakan wujud kesepahaman antara warga Desa Pakel dengan perusahaan perkebunan PT Bumisari ini merupakan inisiatif Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol. Nanang Haryono, SH, SIK, M Si.

Antara perusahaan dan warga kini sepakat bergansengan tangan sebagai mitra. Pencapaian ini dipastikan akan membawa dampak yang luar biasa untuk kemajuan serta kesejahteraan masyarakat di Desa Pakel, Kecamatan Licin, Banyuwangi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES