Indonesia Positif

Luar Biasa, 93 Persen Wisudawan UMBY Raih IPK 3.00, Ini Daftarnya

Senin, 29 April 2024 - 07:18 | 12.01k
Suasana prosesi wisuda program Sarjana dan Pascasarjana UMBY periode April 2024 (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Suasana prosesi wisuda program Sarjana dan Pascasarjana UMBY periode April 2024 (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Libur lebaran telah usai. Sesaat setelah libur Idul Fitri 1445 H, Universitas Mercu Buana Yogyakarta atau UMBY langsung menyelenggarakan Wisuda Sarjana ke-48 dan Pascasarjana ke-23 Tahun Akademik 2023/2024 pada Sabtu (27/4/2024).

Kali ini, ada sebanyak 944 mahasiswa/mahasiswi yang mengikuti prosesi wisuda. Rinciannya, sebanyak 923 orang wisudawan berasal dari Program Sarjana Strata 1 dan sebanyak 21 orang dari Program Pascasarjana Strata 2.

Kabar baiknya, dari 944 orang wisudawan tersebut sebanyak, 878 mahasiswa atau sekitar 93 persen dari seluruh wisudawan berhasil meraih Indeks Prestasi Kumulatif atau IPK di atas 3.00. Tentu ini prestasi yang luar biasa di lingkungan perguruan tinggi.

“Dengan jumlah kelulusan tersebut, maka UMBY sejak tahun berdirinya sebagai Universitas Wangsa Manggala telah mampu mempersembahkan lulusan kepada bangsa Indonesia, sejumlah 21.047 orang,” kata Rektor UMBY, Dr Agus Slamet, STP MP MCE saat acara wisuda di Sport Center Kampus 1 UMBY Sedayu, Bantul, Yogyakarta.

Para lulusan ini, lanjut Agus, merupakan salah satu perwujudan bentuk tanggung jawab UMBY sesuai dengan harapan pendiri UMBY Almarhum Bapak H.R Probosoetedjo yakni ”Angudi Mulyaning Bangsa” kepada bangsa dan negara Indonesia.

Selain wisudawan yang meraih IPK lebih di atas 3.00, jumlah wisudawan periode April 2024 yang berpredikat cumlaude atau dengan pujian sebanyak 477 orang atau 51 persen. “Kami bangga atas prestasi yang telah dicapai oleh para wisudawan/wisudawati,” ujar Agus.

Rektor UMBY ini menjelaskan jumlah wisudawan dari Fakultas Agroindustri, Program Studi (Prodi) Agroteknologi yang meraih predikat cumlaude sebanyak 17 orang, Prodi Peternakan 16 orang, Prodi Teknologi Hasil Pertanian 23 orang.

Berikutnya, dari Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen 62 orang, Prodi Akuntansi 91 orang. Fakultas FKIP Prodi Pendidikan Matematika 4 orang, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris 15 orang, Prodi Bimbingan Konseling 2 orang, Prodi Ilmu Keolahragaan 15 orang.

Selanjutnya, Fakultas Psikologi Prodi S1 Psikologi sebanyak 106 orang, Prodi Magister Psikologi dan Magister Psikologi Profesi sebanyak 8 orang. Lalu, disusul dari Fakultas Teknologi Informasi Prodi Informatika ada 22 orang, Prodi Sistem Informasi 12, serta Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia Prodi Ilmu Komunikasi 84 orang.

Sementara wisudawan yang memperoleh penghargaan khusus tingkat universitas untuk Strata I diraih Ariyana Sulistyorini dengan IPK 3,97 dari Program Studi Akuntansi. Sedangkan IPK Program Pascasarjana diraih Maria Diana Petricia Hadut dari Program Studi Magister Psikologi dengan IPK 3,91.

Kepada wisudawan, Agus menyampaikan darma bakti wisudawan telah ditunggu keluarga, masyarakat, bangsa dan negara, sehingga jangan pernah berhenti belajar karena sumber belajar tak hanya dari kampus, tapi dari segala persoalan, kesukaran, lingkungan. 

Menurutnya, dengan gelar Sarjana S1 dan S2 yang telah saudara raih tentunya diikuti tanggung jawab pada diri Saudara, keluarga, tanggung jawab pada pengembangan ilmu dan pengetahuan.

“Saya percaya bahwa kalian merupakan bagian dari lulusan yang berilmu amaliah dan beramal ilmiah, yaitu senantiasa mengamalkan ilmu yang dimiliki dan amal yang dilakukan berdasarkan ilmu pengetahuan yang memberikan manfaat,” ucap Agus. 

“Kami juga berpesan kepada para wisudawan/wisudawati untuk selalu menjaga nama baik Program Studi, Fakultas dan Universitas Mercu Buana Yogyakarta,” tambahnya.

Agus menambahkan pada tahun ini, pihaknya sedang berproses membangun gedung Kampus 2 dengan ketinggian 9 lantai. “Kami mohon doa agar proses pembangunan Kampus 2 diberikan kelancaran dalam proses perizinan dan pembangunan dari awal hingga akhir,” tutur Agus.

Sementara itu, Kepala Biro Kerjasama Humas dan Protokol UMBY, Widarta SE MM CDMP menjelaskan tahun ini UMBY telah berhasil menembus 10 besar universitas terbaik di DIY. Sedangkan di tingkat nasional UMBY berada peringkat 112 dari 3.200 PTN/PTS di Indonesia.

Widarta menuturkan pada prosesi wisuda periode April ini, UMBY memberikan apresiasi atau penghargaan secara khusus kepada almarhumah Puti Paramita dari Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi UMBY, yang meninggal dunia pertengahan Maret silam. “Untuk almarhumah Puti dalam wisudanya akan diwakili oleh ke dua orangtuanya,” papar Widarta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Amar Riyadi
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES