Indonesia Positif

Telah dibuka! PPG Prajabatan UNJ Tahun 2024, siap Membangun dan Mencerdaskan Bangsa dengan Meningkatkan Kompetensi Guru

Senin, 29 April 2024 - 08:55 | 49.29k
Telah dibuka! PPG Prajabatan UNJ Tahun 2024, siap Membangun dan Mencerdaskan Bangsa dengan Meningkatkan Kompetensi Guru. (FOTO: dok. UNJ)
Telah dibuka! PPG Prajabatan UNJ Tahun 2024, siap Membangun dan Mencerdaskan Bangsa dengan Meningkatkan Kompetensi Guru. (FOTO: dok. UNJ)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Guru merupakan komponen penting dalam sistem pendidikan. Untuk dapat membangun dan mencerdaskan bangsa, pendidikan berkualitas harus didukung dengan guru yang berkualitas. Oleh karena itu Pendidikan Profesi Guru (PPG) memegang peranan penting dalam penyiapan guru masa depan yang sesuai dengan kebutuhan Indonesia dan tantangan global. Para guru wajib memiliki kemampuan untuk mengakses, mensitesis informasi dengan baik, memiliki produktivitas dan akuntabilitas, mampu berinovasi, berpikir kritis dan kreatif. 

Dalam rangka percepatan pemenuhan kebutuhan guru pada beberapa bidang studi pada jenjang sekolah dasar dan menengah, Ditjen GTK Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi mengundang kembali Putra/Putri terbaik bangsa yang memiliki minat, bakat, dan panggilan jiwa menjadi guru untuk mengikuti seleksi calon Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Tahun 2024. 

Prof. Dedi Purwana selaku Direktur Pascasarjana UNJ mengatakan bahwa PPG Prajabatan menciptakan guru profesional yang menjadi teladan dan pembelajaran yang mampu mengembangkan rencana, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. “Juga mewujudkan profil pelajar Pancasila, serta memiliki kemampuan kreatif pada Era Revolusi Industri 4.0,” ungkap Prof. Dedi Purwana.

Untuk pendaftaran PPG Prajabatan, UNJ sendiri membuka 40 Program Studi berdasarkan pada Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 782/E/O/2023. Adapun Program Studi tersebut antara lain: 

1. Pendidikan Guru Sekolah Dasar

2. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

3. Pendidikan Ekonomi

4. Pendidikan Bahasa Indonesia

5. Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Geografi

6. Pendidikan Sejarah

7. Pendidikan Tata Busana

8. Pendidikan Tata Boga

9. Pendidikan Tata Rias

10. Pendidikan Kesejahteraan Keluarga

11. Dan lain – lain (Info lengkap Program Studi PPG Prajabatan UNJ 2024: (https://drive.google.com/file/d/1LV8xEJZhdN9lrywPOA2kBAIocCUqXfch/view)

Bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan diri, periode Pendaftaran PPG Prajabatan UNJ 2024 dibuka dari 4 April 2024 sampai dengan 15 Mei 2024. Informasi lebih lanjut dapat klik disini: https://pps.unj.ac.id/pendidikan-profesi-guru-ppg-prajabatan-2024-telah-dibuka/

Ayo, Daftar PPG UNJ!

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Haris Supriyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES