Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Mahasiswa KSM-E Himaprodi PBSI Unisma Malang Bangun Karakter Ahlusunnah Wal Jamaah

Senin, 29 April 2024 - 13:58 | 6.04k
Mahasiswa KSM-E Himaprodi PBSI Unisma Malang bersama anak-anak TPQ Istiqomah Desa Mangliawan.
Mahasiswa KSM-E Himaprodi PBSI Unisma Malang bersama anak-anak TPQ Istiqomah Desa Mangliawan.
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Mahasiswa Kuliah KSM - E Unisma Malang di Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis Kabupaten Malang melaksanakan program pembelajaran Al-Quran dan penanaman karakter Ahlussunnah wal jamaah pada anak usia dini.

Kegiatan yang diketuai Rizky Arifian Syah Putra Mahasiswa KSM - E dari Ormawa Himaprodi PBSI UNISMA yang dilaksanakan di TPQ Istiqomah, Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, pada tanggal 01-02 Maret 2023.

Pembelajaran Al-Quran dan penanaman karakter Ahlusunnah wal jamaah ini perlu diterapkan pada anak-anak usia dini agar kelak pada saat dewasa seorang anak sudah memiliki pedoman yang kuat karena karakter yang tumbuh dalam dirinya sudah mengakar sejak dini, ujar Rizky Arifian Syah Putra selaku ketua pelaksananya.

“Misi dari kegiatan ini untuk membangun karakter Ahlusunnah wal jamaah seorang anak sejak usia dini di tengah peradaban modern, dimana karakter tersebut dapat menjadi benteng perlindungan diri dalam menghadapi segala tantangan kehidupan di era modern yang rawan akan pergaulan bebas,” paparnya.

Peserta kegiatan yang mengikuti serangkaian kegiatan di TPQ Istiqomah ini yakni berjumlah 30 anak.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Sebelum memulai kegiatan, peserta diberikan sosialisasi oleh panitia di dalam kelas. Sosialisasi yang diberikan seputar perilaku akhlakul karimah, perbuatan yang melanggar agama dan nilai- nilai Ahlussunnah wal Jamaah. Dilanjutkan dengan belajar Al-Quran yang dibimbing oleh Mahasiswa KSM-E Universitas Islam Malang sesuai dengan tingkatan masing-masing siswa.

Setelah diajarkan tentang nilai-nilai Ahlussunnah wal jamaah dan belajar mengaji Al-Quran. Para mahasiswa mengajak para murid di masing-masing TPQ untuk berdiskusi ringan dan memberikan Quis kepada peserta yang diikuti pembagian hadiah bagi para siswa yang mampu menjawab pertanyaan dengan benar.

Dengan begitu, peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, salah satunya Andin yang juga berasal dari Desa Mangliawan mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermaanfaat dan menambah pengalaman baru baginya.

“Saya sangat senang pada pengajian hari ini karena kami diajar oleh kakak-kakak muda yang baik, dan penjelasannya sangat mudah dipahami, pesan-pesan yang disampaikan juga baru saya dengar selama saya mengaji di sini,” jelas salah satu siswi yang mengikuti kegiatan ini. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Pewarta: Mahasiswa KSM-E Himaprodi PBSI Universitas Islam Malang (UNISMA)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES