Indonesia Positif

Sebagai Pusat UTBK, UNJ Siap Laksanakan UTBK-SNBT dengan Total 30.364 Peserta

Selasa, 30 April 2024 - 16:55 | 12.29k
Kegiatan UTBK. (FOTO: dok. UNJ)
Kegiatan UTBK. (FOTO: dok. UNJ)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Seleksi Nasional Berdasarkan Tes Ujian Tertulis Berbasis Komputer (SNBT UTBK) 2024 dilaksanakan oleh Badan Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) dalam hal ini oleh Panitia Nasional SNPMB. Universitas Negeri Jakarta (UNJ) merupakan salah satu Pusat UTBK yang bertugas membantu BP3/Panitia Nasional SNPMB dalam melaksanakan UTBK.

UNJ pada prinsipnya mengikuti seluruh aturan yang ditetapkan oleh Panitia SNPMB. Aturan yang belum ada dari Panitia Nasional SNPMB ditetapkan oleh Panitia Pusat SNPMB. Penanggung jawab pelaksanaan UTBK di setiap lokasi UTBK adalah Penanggung Jawab Lokasi (PJL). PJL di semua lokasi UTBK yang berada dibawah koordinasi Pusat UTBK UNJ adalah dosen UNJ. Jika ada kondisi luar biasa yang belum ada dalam aturan baik yang diterapkan oleh Panitia Nasional SNPMB maupun Pusat UTBK pada pelaksanaan, maka PJL wajib berkoordinasi dengan Pusat UTBK UNJ.

UTBK-SNBT-UNJ.jpg

Dr. Eng. Agung Premono selaku Kepala Kantor Admisi UNJ melaporkan bahwa UTBK SNBT 2024 yang dilaksanakan di Pusat UTBK UNJ berlangsung dalam dua gelombang yaitu gelombang I: 30 April, 2 Mei, 3 Mei, 4 Mei, 5 Mei, 6 Mei, 7 Mei 2024 dan gelombang II: 14 s.d 20 Mei 2024. Lokasi yang digunakan pada UTBK SNBT 2024 terletak pada tujuh titik dengan empat berada di internal kampus UNJ dan tiga titik di lokasi mitra UNJ (sekolah) dengan rincian sebagai berikut:
a. UNJ UPT TIK, UNJ kampus A Rawamangun Muka, Jakarta Timur
b. UNJ FMIPA, Gedung Dewi Sartika Lantai 5 Kampus A UNJ Rawamangun Muka Jakarta Timur
c. UNJ FE, Gedung M Kampus A UNJ Rawamangun Muka Jakarta Timur
d. UNJ FT, Gedung L Kampus A UNJ Rawamangun Muka Jakarta Timur
e. SMK Negeri 1 Jakarta, Jl. Budi Utomo Jakarta Pusat.
f. SMK Negeri 40 Jakarta, JL. Nanas 2, Utan Kayu Utara, Kec. Matraman, Kota Jakarta Timur.
g. SMK Negeri 50 Jakarta, JL. PLN. Cipinang Muara III, Cipinang Muara, Kec. Jatinegara, Kota Jakarta Timur.

"Total peserta yang mengikuti UTBK–SNBT 2024 di Pusat UTBK UNJ sebanyak 30.364 orang yang terbagi atas 132 sesi dimana setiap hari dilakukan ujian sebanyak 2 sesi. Pusat UTBK SNBT 2024 UNJ tetap menerapkan protokol kesehatan seperti pengecekan suhu tubuh. Sedangkan sebagai langkah antisipasi tindak kecurangan menggunakan modus alat bantu komunikasi maka Pusat UTBK UNJ menerapkan pemeriksaan metal detector yang dilakukan di setiap ruang setelah peserta duduk di kursi dan semua barang bawaan diletakkan dalam tas," jelas Dr. Eng. Agung.

UNJ-UTBK-SNBT.jpg

Kunjungan Monev Sekretaris Eksekutif SNPMB

Sekretaris Eksekutif SNPMB 2024, Bekti Cahyo Hidayanto, M.Kom mengunjungi beberapa titik lokasi ujian di UNJ sebagai salah satu Pusat UTBK 2024. Dalam kunjungannya, Bekti ditemani oleh Dr. Eng. Agung Premono selaku Kepala Kantor Admisi UNJ serta panitia UTBK UNJ 2024. Bekti menyambangi beberapa titik lokasi seperti SMK Negeri 1 Jakarta, SMK Negeri 40 Jakarta, SMK Negeri 50 Jakarta, Gedung UNJ UPT TIK serta ruangan Sekretariat UTBK.

Bekti memberikan beberapa evaluasinya setelah peninjauan, Ia mengatakan bahwa UNJ sudah sesuai dengan arahan. Dari pantauan sudah tertib, tidak ada orang selain panitia di dalam ruangan, panitianya juga akomodatif bisa mengarahkan peserta dengan baik. Bekti berharap dalam hal komputer yang digunakan untuk ujian, UNJ perlu menggandeng Universitas lain di Jakarta untuk meminjam PC nya agar bisa mencakup lebih banyak lagi.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor UNJ, Prof. Komarudin dan beberapa jajarannya juga turut melakukan monitoring ke beberapa titik lokasi ujian di UNJ.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES