Indonesia Positif

Mahasiswa UMBY Ariyana Sulistyorini Dinobatkan Sebagai Lulusan Terbaik, Ini Pesannya

Rabu, 01 Mei 2024 - 09:44 | 12.57k
Para Wisudawan terbaik mendapat penghargaan dari UMBY. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Para Wisudawan terbaik mendapat penghargaan dari UMBY. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Sebanyak 944 mahasiswa UMBY telah menjalani prosesi wisuda pada Sabtu (27/4/2023). Dari jumlah tersebut, sebanyak 923 mahasiswa berasal dari Program Sarjana dan sebanyak 21 lulusan Program Pascasarjana Tahun Akademik 2023/2024. Dari 944 wisudawan, seorang lulusan dinobatkan sebagai wisudawan terbaik. Ia adalah Ariyana Sulistyorini.

Prosesi wisuda dilakukan langsung oleh Rektor Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Dr. Ir Agus Slamet, STP MP MCE. Pada momen tersebut, Ariyana yang merupakan mahasiswa Program Sarjana Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi itu diminta menyampaikan sambutan mewakili para wisuda.

Dalam sambutannya, Ariyana mengungkapkan kebahagiaan luar biasa karena telah diperkenankan mewakili teman-teman wisudawan. Wisudawati dengan IPK 3,97 ini menyampaikan bahwa kedepan, tantangan dan rintangan yang akan kita hadapi semakin berat.

“Pertarungan yang sesungguhnya baru akan dimulai. Namun janganlah takut teman-teman, ada Allah SWT yang Maha Besar, dan Maha Pemurah, yang akan senantiasa mengasihi hamba-Nya,” kata Ariyana Wisudawati terbaik yang mendapat penghargaan khusus dari UMBY.

“Fokus pada tujuan dan tidak perlu dengarkan kabar buruk tentang kita. Karena sejatinya kabar buruk tentang kita hanya datang dari 2 orang saja, yakni sesama jenis yang tidak mampu menyaingi kita dan lawan jenis yang tidak berhasil memiliki kita,” tambahnya

Mewakili Pengurus Yayasan Wangsa Manggala Teguh Wahyudi, SE menyampaikan selamat kepada seluruh wisudawan atas keberhasilan saudara menyelesaikan studi program Sarjana atau Pascasarjana di kampus UMBY.

Keberhasilan ini merupakan langkah awal bagi para wisudawan untuk terus dapat mengembangkan diri sekalipun tidak lagi berada di dalam lingkungan kampus. 

“Ujian sesungguhnya adalah ketika saudara berada ditengah masyarakat dan di dunia industri untuk dapat mengimplementasikan ilmu yang telah diterima selama dibangku kuliah,” ujar Teguhb

Kepada para wisudawan, pihaknya berpesan untuk terus mengembangkan diri dalam aspek ilmu dan pengetahuan, ketrampilan, dan softskill, supaya dapat menghadapi tantangan masa depan yang semakin kompleks.

“Kami berdoa semoga ilmu yang telah didapat menjadi berkah dan memberikan manfaat bagi banyak orang dan untuk meniti karir serta cita-cita yang diharapkan,” harapnyaK

Hal senada Kepala LLDikti Wilayah V Yogyakarta Prof Setyabudi Indartono dalam sambutannya  juga mengucapkan selamat kepada 944 Wisudawan/Wisudawati Program Sarjana maupun Pascasarjana, atas keberhasilannya dalam menyelesaikan rangkaian proses pembelajaran di UMBY (Universitas Mercu Buana Yogyakarta).

“Semoga kesuksesan senantiasa menyertai saudara sekalian dalam mengaplikasikan ilmu yang telah didapat,” kata Setyabudi

Selain itu, Kepala LLDikti juga menyampaikan apresiasi kepada Universitas Mercu Buana Yogyakarta yang telah aktif memberlakukan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Menurutnya selain akan bermanfaat untuk peningkatan kualitas relevansi pengelolaan perguruan tinggi, komitmen UMBY ini juga akan meningkatkan kompetensi lulusan. Pihaknya berharap UMBY akan semakin aktif berpartisipasi dalam program-program MBKM seperti Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB), Magang Mandiri, Pertukaran Mahasiswa, Wirausaha Merdeka, Riset Kolaboratif bersama perusahaan, Kampus Mengajar, maupun program-program lain.

Hail ini, sebutnya akan memberikan kesempatan mahasiswa untuk mengasah kemampuan sesuai dengan minatnya dengan terjun langsung ke dunia kerja.

Sebelumnya, Rektor UMBY memberikan pesan kepada para wisudawan/wisudawati untuk selalu menjaga nama baik Program Studi, Fakultas dan Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

“Teriring doa semoga para wisudawan/wisudawati dapat sukses dalam berkarya untuk kemajuan masyarakat, bangsa dan negara Indonesia. Sesuai cita-cita pendiri Universitas Mercu Buana Yogyakarta ‘Angudi Mulyaning Bangsa,” harapnya

Tak hanya itu, Rektor UMBY juga berpesan untuk terus belajar mengembangkan ilmu dan pengetahuan agar bisa mengikuti tantangan dan perkembangan zaman yang maju pesat terutama pada era revolusi industri 4.0.

Untuk diketahui wisuda periode April ini tercatat sebanyak 93 persen wisudawan meraih IPK di atas 3,00. Wisudawan berpredikat cumlaude atau dengan pujian sebanyak 477 orang atau 51 persen.

Acara prosesi wisuda Program Sarjana ke 48 dan Pascasarjan ke 23 periode April 2024 pada Sabtu (27/4/2023). dilaksanakan 2 sesi. Berlangsung di Sport Center Kampus 1 UMBY, Wisuda dihadiri oleh Dewan Pembina, Pengurus dan Pengawas Yayasan Wangsa Manggala, Kepala LLDikti Wilayah V Yogyakarta.

Ada pula Ketua dan Para Anggota Senat UMBY, Wakil Rektor, Para Dekan dan Wakil Dekan, Pejabat Struktural UMBY, Pimpinan Bank relasi UMBY, Orang Tua/Wali Wisudawan dan Wisudawati serta tamu undangan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Amar Riyadi
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES