Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Eksplorasi Baru Melalui Pengukuhan Anggota Racana Islam Unisma Malang dalam PENTAGO

Kamis, 02 Mei 2024 - 14:09 | 9.93k
Kegiatan PENTAGO anggota Racana Islam Unisma Malang di Coban Rais. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Kegiatan PENTAGO anggota Racana Islam Unisma Malang di Coban Rais. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Pelaksanaan penempuhan tamu ke anggota Racana Islam Unisma Malang, yang lebih dikenal dengan istilah PENTAGO, merupakan kegiatan rutin yang bertujuan untuk menyambut para tamu Racana yang telah mengikuti OPP (Orientasi Pramuka Pandega) selama 3 hari 2 malam di Coban Rais, Batu,  8-10 Maret 2024.

PENTAGO tahun ini tidak berbeda jauh dengan periode sebelumnya, dimulai dengan rangkaian materi pendalaman dan kegiatan pengujian SKU Pramuka yang dilaksanakan pada Sabtu (24/3/2024) di gedung UKM dan beberapa area kampus yang ditentukan oleh panitia PENTAGO. Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan pengukuhan pada Minggu (25/3/2024), dengan tema "Membangun Pramuka Pandega Berkepemimpinan Inspiratif dan Tangguh".

Hari pertama PENTAGO dimulai dengan upacara adat dan pembukaan, diikuti dengan briefing dari panitia untuk memberikan arahan mengenai pos-pos yang akan dilewati dan pertanyaan seputar SKU yang harus dijawab oleh para tamu Racana. Setelah melewati pos-pos tersebut, mereka akan diminta menjawab pertanyaan dari rekannya sesuai dengan topik yang ditentukan. Jika jawaban dianggap memuaskan, mereka akan mendapatkan tanda tangan dari rekannya sebagai tanda penyelesaian tugas.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Hari kedua atau terakhir diisi dengan pemberian materi oleh dewan kehormatan dan dilanjutkan dengan review materi, diikuti dengan acara bagi takjil menyambut bulan Ramadan. Untuk mempererat silaturahmi, diadakan buka puasa bersama dengan para dewan Racana dan beberapa dewan kehormatan yang diundang. Acara dilanjutkan dengan shalat Maghrib, tarawih, dan witir bersama. Acara puncaknya adalah pengukuhan anggota. Setelah pengukuhan PENTAGO, para tamu Racana Islam Unisma resmi menjadi anggota dan bagian dari keluarga besar Racana Islam Unisma. Mereka siap menjadi panitia dalam kegiatan-kegiatan di UKM Pramuka Unisma.

Dengan tema yang diterapkan, diharapkan kader-kader anggota Racana Islam Unisma memiliki jiwa kepemimpinan yang menginspirasi dan tangguh sebagai pengabdian kepada Racana Islam Unisma Malang, khususnya. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES