Indonesia Positif

Peran Serta Waket Bidang Kemahasiswaan, Pastikan Keberlanjutan UKM STIKI Malang

Jumat, 03 Mei 2024 - 13:48 | 6.03k

TIMESINDONESIA, MALANG – Rapat program kerja (proker) UKM yang diselenggarakan di STIKI Malang merupakan bagian penting dari agenda tahunan. Kali ini, rapat tersebut dilaksanakan pada bulan April.

Pada proker ini setiap UKM diminta untuk menyajikan proker mereka yang disesuaikan dengan tujuan utama UKM serta kondisi dan peraturan di STIKI. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa setiap kegiatan yang dilakukan oleh UKM dapat membawa dampak positif bagi mahasiswa dan meningkatkan kualitas organisasi tersebut.

Dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Sugeng Widodo, M.Kom. selaku Wakil Ketua 3 Bidang Kemahasiswaan Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia (STIKI) Malang, yang bertanggung jawab atas koordinasi dan pembinaan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), memberikan gambaran detail mengenai strategi dan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja UKM di bawah kepemimpinannya.

Wakil Ketua 3 juga turut terlibat dalam proses penggantian pengurus UKM Kompeni dan BYTE. Dengan memberikan arahan dan pengarahan yang jelas, serta menekankan pentingnya regenerasi kepemimpinan, Wakil Ketua 3 berupaya memastikan bahwa pergantian pengurus dilakukan secara efisien dan tepat waktu, sehingga kontinuitas kepemimpinan dapat terjaga.

Dalam upaya memastikan partisipasi optimal dari setiap UKM, Wakil Ketua 3 mengadakan rapat koordinasi setiap bulan untuk membahas program kerja yang telah direncanakan. Selain itu, dukungan dan motivasi juga diberikan kepada UKM agar proker mereka dapat terlaksana dengan baik.

Persiapan dan partisipasi diutamakan dalam kegiatan seperti turnamen basket Campus League, Wakil Ketua 3 memberikan dukungan material dan memastikan bahwa setiap UKM yang terlibat telah mempersiapkan diri dengan baik. Hal ini sejalan dengan salah satu proker dari UKM BYTE untuk meningkatkan prestasi mereka dalam kompetisi tersebut.

Selain itu, Wakil Ketua 3 juga memfasilitasi koordinasi antara UKM untuk mencapai tujuan bersama dan menjaga sinergi di antara mereka. Melalui rapat bulanan dan komunikasi non-formal melalui grup WhatsApp, upaya ini dilakukan guna memastikan bahwa setiap UKM dapat bekerja sama secara efektif.

Tantangan yang dihadapi dalam mendukung UKM dalam persiapan dan partisipasi dalam kegiatan seperti turnamen atau pergantian pengurus adalah adanya sifat internal dari kegiatan UKM tersebut. Namun, dengan memberikan motivasi dan dorongan untuk mengadakan kegiatan yang lebih berkualitas, Wakil Ketua 3 berharap dapat mengatasi tantangan ini.

Harapannya terhadap peran dan kontribusi UKM seperti BYTE dalam turnamen-basket Campus League adalah untuk meningkatkan soft skill mahasiswa sesuai dengan bidang yang diminati. Dengan demikian, diharapkan lulusan dari STIKI dapat memiliki keunggulan kompetitif yang lebih baik di dunia kerja.

Dalam mengukur kesuksesan proker-proker yang dilaksanakan oleh unit-unit di bawah kepemimpinannya, Wakil Ketua 3 melihat dari seberapa banyak proker yang terlaksana dan dampak positif apa yang dihasilkan oleh masing-masing UKM.

Terakhir, Wakil Ketua 3 menekankan pentingnya komunikasi yang efektif dan hubungan yang baik antara dirinya dengan UKM. Melalui grup WhatsApp dan rapat bulanan, informasi dan arahan dapat disampaikan dengan tepat, sementara masukan dan kontribusi dari UKM juga dapat diakomodasi dengan baik.

Dengan demikian, Wakil Ketua 3 STIKI Malang secara aktif terlibat dalam memastikan kualitas dan kinerja UKM di kampus, serta berupaya untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan dan pencapaian mahasiswa.

STIKI memiliki komitmen tinggi untuk memfasilitasi berbagai aktivitas kemahasiswaan yang mampu menunjang prestasi akademis maupun non akademis. Sebagai perguruan tinggi yang memiliki fokus pada bidang ICT, STIKI Malang membuka kesempatan bagi generasi muda untuk bersama-sama bergabung mengembangkan kompetensi, dan kreativitas yang sesuai akan kebutuhan masa depan. STIKI Malang memiliki komitmen untuk menyiapkan lulusan yang mampu dan siap berkompetisi di era globalisasi. Informasi kegiatan di STIKI Malang, silahkan mengunjungi website www.stiki.ac.id (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES