Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Lolos Pendanaan PKM, Mahasiswa Biologi FMIPA Unisma Malang Bebas Skripsi

Senin, 06 Mei 2024 - 11:29 | 115.13k
Tim PKM-RE Biologi FMIPA Unisma Malang bersama dosen pendamping Majida Ramadhan, S.Si., M.Si. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Tim PKM-RE Biologi FMIPA Unisma Malang bersama dosen pendamping Majida Ramadhan, S.Si., M.Si. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Tim PKM-RE Biologi FMIPA Unisma Malang meraih hibah kompetisi dari kemendikbud dikti “Program Kreativitas Mahasiswa-Riset Eksakta (PKM-RE)” dengan judul Inovasi Antibakteri Nanopartikel Besi Ekstrak Kulit Buah Delima (Punica granatum L.) Secara In Vitro.

Tim PKM RE ini diketuai oleh Mahasiswi Biologi angkatan 2022 Shofia Jannatul Ma’rifah dan bersama anggotanya yaitu Nur Azizah, Zahrotul Jamilah dari angkatan 2022, Thoifatus Syarivah, dan Nabiilah Rifdah Putri Harmono dari angkatan 2023 di bawah bimbingan dosen pendamping Majida Ramadhan, S.Si., M.Si.

Urgensi dalam penelitian ini untuk mengetahui aktivitas antibakteri yang dimiliki nanopartikel besi dengan menggunakan bioreduktor dari ekstrak kulit delima (Punica granatum L.) sebagai salah satu upaya untuk mengurangi limbah kulit delima.

Selain itu manfaat bagi masyarakat bahwa riset ini dapat menjadi sumber informasi melalui metode nanoteknologi, kulit delima berperan sebagai pencegah berbagai penyakit. Penggunaan inovasi nanopartikel dikarenakan skala nano dapat menghasilkan luas permukaan dan reaktivitas permukaan yang tinggi serta memiliki aktivitas antibakteri yang baik dan formulasi menjadi bahan bakterisida yang efektif.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Program Kreativitas Mahasiswa adalah kegiatan untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis atau profesional yang dapat menerapkan, mengembankan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian serta memperkaya budaya nasional.

Unisma memberikan kemudahan bagi mahasiswa yang aktif dalam mengikuti kompetisi bergengsi seperti PKM. Hal ini sudah menjadi kebijakan Rektor bahwa Tim Pemenang yang lolos pendanaan kegiatan PKM ini dapat diakui dengan bebas skripsi.

PKM Riset Eksakta (PKM-RE) dilaksanakan dengan melakukan pengamatan mendalam berbasis iptek untuk mengungkapkan informasi baru di bidang eksakta. Pada kesempatan ini, tim PKM RE Biologi FMIPA Universitas Islam Malang mengangkat masalah mengenai limbah kulit delima.

Inovasi baru yang dibuat mahasiswa Biologi FMIPA Unisma Malang dengan memanfaatkan limbah kulit delima menjadi sebuah antibakteri. Hal ini merupakan terobosan baru khususnya di bidang kesehatan dan ilmu pengetahuan serta menjadi solusi dalam menangani salah satu limbah yaitu kulit delima. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Pewarta: Shofia Jannatul Ma'rifah, Nur Azizah, Zahrotul Jamilah, Tim PKM-FE FMIPA Universitas Islam Malang (UNISMA)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES