Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Yaum Araby Fakultas Pertanian Unisma Malang

Selasa, 07 Mei 2024 - 12:38 | 7.61k
Kegiatan Yaum Araby di Fakultas Pertanian Unisma Malang bersama tutor Sayyid Youssef Amalou dan mahasiswa BIPA dari Sudan. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Kegiatan Yaum Araby di Fakultas Pertanian Unisma Malang bersama tutor Sayyid Youssef Amalou dan mahasiswa BIPA dari Sudan. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Program Yaum Araby merupakan salah satu program pembelajaran Bahasa Arab yang dilaksanakan oleh P2BA-BIPA secara bergilir pada tiap Fakultas di lingkungan Unisma Malang. Sejauh ini sudah ada kurang lebih 8 Fakultas yang telah dilaksanakan program Yaum Araby.

Pelaksanaan program Yaum Araby berlangsung selama satu bulan dengan 4 kali pertemuan. Program ini bertujuan untuk memperkanalkan bahasa Arab, bahwa bahasa Arab itu mudah sehingga dalam belajar bahasa Arab menjadi menyenangkan, serta  meningkatkan kemampuan dosen dan tenaga kependidikan dalam berbahasa Arab.

Dalam program Yaum Araby, P2BA&BIPA melibatkan dosen Pendidikan Bahasa Arab ataupun dosen non PBA yang mempunyai skill bahasa Arab yang baik sebagai tutor, hal ini menjadi tuntutan utama untuk bisa memberikan kualiatas terbaik dalam program Yaum Araby yang dilaksanakan.

Fakultas-Pertanian.jpg

Kegiatan Yaum Araby diikuti oleh dosen, tenaga kependidikan dan staff Fakultas sebagai peserta yaum araby yang menjadi objek program ini. Pada sesi ini pembelajaran Yaum Araby dilaksanakan secara luring di Fakultas Pertanian Unisma.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Proses pembelajaran dilaksanakan sejak tanggal 21 Februari 2024 s.d. 27 Maret 2024. Dosen belajar bahasa Arab secara fungsional yaitu mempelajari bahasa arab sesuai tujuan fungsional dalam berkomunikasi sesuai kebutuhan. Jumlah pertemuan pada program ini adalah 4 kali pertemuan. Dosen yang terlibat sebaga tutor dalam kegiatan ini adalah Bahroin Budiya, M.Pd. dan Diah Dina Aminata, M.Pd. serta beberapa pertemuan mendatangkan tutor dari timur tengah dan afrika, dipertemuan ketiga mendatangkan tutor dari Azura-Maroko, yaitu Sayyid Youssef Amalou, dan mahasiswa BIPA dari Sudan.

F-Pertanian-Unisma.jpg

Pembelajaran berlangsung selama 90 menit dari jam 08.30-10.00 wib dengan pembelajaran luring di Fakultas Pertanian lantai 4 gedung B4-08. Setiap pertemuan peserta diberikan muatan Bahasa baik mufrodat, qowaid dan praktik.

Tutor menjelaskan materi dan memberikan kesempatan pada peserta untuk melakukan praktik. Sehingga pembelajaran dilakukan dengan rasio 40 % materi dan 60 % praktik, yang disajikan dalam bentuk dan model pembelajaran yang menarik, seperti materi dalam bentuk lagu dan permainan sehingga peserta lebih aktif mengikuti program.

Kegiatan Yaum Araby di Fakultas Pertanian Unisma Malang berjalan sangat baik, karena didukung oleh para peserta yang antusias dan aktif serta proses pembelajaran yang disajikan oleh tutor variatif dan menyenangkan. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES