Indonesia Positif UIN Malang

Workshop Entrepreneur Fakultas Humaniora UIN Malang Siapkan Mahasiswa Terjun Dunia Kerja

Selasa, 07 Mei 2024 - 21:32 | 9.71k
Acara workshop entrepreneurship yang digelar Humaniora UIN Malang, Selasa (7/5/2024). (Foto: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)
Acara workshop entrepreneurship yang digelar Humaniora UIN Malang, Selasa (7/5/2024). (Foto: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Ada berbagai cara yang dilakukan oleh UIN Maulana Malik Ibrahim Malang untuk menyiapkan mahasiswanya siap terjun ke dunia kerja. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Fakultas Humaniora UIN Malang dengan menggelar kegiatan workshop entrepreneurship, di Gedung Rektorat, Selasa (7/5/2024).

Ada ratusan mahasiswa Humaniora dari Program Studi Bahasa dan Sastra Arab dan Sastra Inggris meramaikan acara yang mengusung tema 'Sarjana Sastra, Mau Jadi Apa?' ini.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr Galuh Nur Rohmah, MPd, menyatakan bahwa workshop ini merupakan kegiatan tahunan yang diinisiasi oleh Laboratorium Pembinaan Mahasiswa dan Alumni (LPMA) Fakultas Humaniora dengan tujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari keterampilan dasar tentang entrepreneurship.

Ia menegaskan, kegiatan seperti ini menjadi bagian dari budaya akademik Fakultas Humaniora yang selalu berinovasi dan relevan dengan tuntutan zaman.

“Mahasiswa yang memiliki jiwa entrepreneurship akan lebih siap menghadapi tantangan ini dengan kreativitas, inovasi, dan ketangguhan mental,” ujarnya.

Lebih lanjut, Galuh mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan wujud komitmen Fakultas Humaniora dalam membekali mahasiswa menyambut tantangan global.

Ia menekankan urgensi workshop ini dalam memberikan wawasan bagi mahasiswa untuk menjajagi kemungkinan baru dalam dunia wirausaha, sekaligus meningkatkan daya saing pasca lulus kuliah.

Kegiatan ini turut menghadirkan dua narasumber inspiratif, yaitu penulis dan sastrawan, Mim Yudiarto, serta Komisaris Utama PT Jawakarta Afkana Properti, Roli Maulidiansyah, SS, yang merupakan alumni Fakultas Humaniora. Keduanya berbagi tentang keterampilan dasar tentang entrepreneurship, seperti perencanaan bisnis, manajemen keuangan, pemasaran, dan manajemen risiko, memberikan pengetahuan yang berguna bagi mahasiswa untuk mengembangkan usaha sendiri di masa depan atau berkontribusi pada bisnis keluarga atau perusahaan.

Acara workshop entrepreneurship ini mendapat sambutan positif dari para peserta. Mereka mengaku mendapatkan banyak manfaat dan pengetahuan baru tentang entrepreneurship dari kegiatan ini.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dapat memperoleh pemahaman dan keterampilan yang cukup untuk merintis karir sebagai pengusaha yang sukses di masa depan, serta menjadi agen perubahan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi pembangunan ekonomi dan masyarakat. 

Dosen Sastra Inggris Whida Rositama, MHum, yang juga menjadi pemateri dalam workshop ini  berbagi ilmu dengan para mahasiswa tentang membuat sebuah business plan.

Whida menjelaskan tentang pentingnya memiliki business plan yang matang sebelum memulai bisnis.

"Business plan merupakan panduan yang berisi strategi dan rencana bisnis yang akan dijalankan. Dengan memiliki business plan yang jelas, pengusaha dapat lebih terarah dalam menjalankan bisnisnya dan mencapai tujuan yang diinginkan," ucapnya.

Whida juga memberikan beberapa tips untuk membuat business plan yang efektif. Salah satunya adalah dengan melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan target pasar. "Selain itu, penting juga untuk membuat proyeksi keuangan yang realistis dan strategi marketing yang tepat," pungkas Dosen Sastra Inggris UIN Malang ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES